UPI Berada di Peringkat Ketiga Top University di Indonesia

JABARNEWS | BANDUNG – Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) menempati peringkat tiga Top University di Indonesia, berdasarkan Times Higher Education (THE) World University Rankings 2022.

UPI mengalahkan sejumlah kampus bergengsi lainnya di Indonesia, termasuk Universitas Padjadjaran (Unpad), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Airlangga (Unair), dan Universitas Brawijaya (Unibraw).

Berdasarkan rilis daftar kampus terbaik di dunia dalam THE World University Rankings 2022, ada 19 kampus di Indonesia dalam pemeringkatan dunia. Di Indonesia, Universitas Indonesia (UI) menempati posisi pertama.

UI berada di peringkat 801-1000 dunia, dengan overall score 27.2 hingga 31.9. Di antara negara-negara di Asia Tenggara, UI berada di posisi 17 dari 76 institusi. 

Baca Juga:  Suara Gemuruh Terdengar di Sarijadi Bandung Hari Ini, Apa Ya?

Posisi kedua Top University di Indonesia ditempati oleh Institut Teknologi Bandung (ITB). Setelah itu, UPI berada di peringkat ketiga Top University di Indonesia.

Berturut-turut perguruan tinggi di Indonesia yang masuk dalam THE World University Rankings 2022 setelah ketiga kampus tersebut ialah sebagai berikut.

Universitas Airlangga, Universitas Binus, Universitas Brawijaya, Universitas Diponegoro, Universitas Gadjah Mada, Universitas Hasanuddin, IPB University, Universitas Padjadjaran, Universitas Sebelas Maret.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Minta Desain Kendaraan Listrik Disesuaikan Dengan Kebutuhan Masyarakat

Kemudian Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Telkom University . Bakrie University, Satya Wacana Christian University, l. Universitas Sumatera Utara  Universitas Negeri Surabaya, dan Universitas Negeri Yogyakarta.

THE World University Rankings (WUR) merupakan satu-satunya tabel kinerja global yang menilai perguruan tinggi riset-intensif pada semua misi inti para perguruan tinggi.

Hal tersebut meliputi indikator pengajaran, penelitian, sitasi, transfer pengetahuan, dan pandangan internasional terhadap suatu perguruan tinggi.

THE World University Rankings (WUR) merupakan satu-satunya tabel kinerja global yang menilai perguruan tinggi riset-intensif.

Penilaian dilakukan pada semua misi inti para perguruan tinggi meliputi indikator pengajaran, penelitian, sitasi, transfer pengetahuan, dan pandangan internasional.

Baca Juga:  Peduli Lingkungan, Mahasiswa Unsika Tanam Pohon di Anak Sungai Citarum

THE WUR menggunakan 13 indikator kinerja yang dikalibrasi dengan cermat untuk memberikan perbandingan yang paling komprehensif dan seimbang pada pemeringkatan.

Selain itu, pemeringkaran oru pum dipercaya oleh mahasiswa, akademisi, pemimpin perguruan tinggi, industri dan pemerintah.

Indikator penilaian dikelompokkan menjadi lima bidang. Ada Teaching (the learning environment); Research (volume, income and reputation).

Kemudian Citations (research influence); International outlook (staff, students and research); dan Industry Income (knowledge transfer), (Red)