• Sabtu, 4 Desember 2021

Dedi Mulyadi Usulkan Kawasan Gunung Sanggabuana Karawang Jadi Taman Nasional

- Senin, 6 September 2021 | 10:40 WIB
Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Dedi Mulyadi. (Foto: Net).
Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Dedi Mulyadi. (Foto: Net).

JABARNEWS | KARAWANG - Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Dedi Mulyadi mengusulkan agar kawasan Gunung Sanggabuana yang berada di wilayah Kabupaten Karawang menjadi taman nasional.

DIa mengatakan, keberadaan Gunung Sanggabuana merupakan satu kesatuan dengan Gunung Halimun, berangkat dari riwayat kepemimpinan Pajajaran.

"Ada nilai-nilai konservasinya. Bahkan Gunung Sanggabuana menjadi benteng konservasi," kata Dedi Mulyadi dikutip dari antara, Senin (6/9/2021).

"Usulan kawasan Gunung Sanggabuana itu menjadi taman nasional bertujuan agar seluruh areal Gunung Sanggabuana mendapat perlindungan dari negara," tambahnya.

Dedi Mulyadi menjelaskan, kawasan Gunung Sanggabuana memiliki keanekaragaman satwa dan tumbuh-tumbuhan yang harus dilindungi dan dijaga dengan baik.

Apalagi, lanjut Dedi Mulyadi, Gunung Sanggabuana memiliki keanekaragaman satwa dan tumbuh-tumbuhan yang unik. Namun, diakui di kawasan Gunung Sanggabuana perlu dilakukan peremajaan pepohonan agar suasana di kawasan tersebut tidak terlampau panas.

Dedi Mulyadi menyampaikan, sebagai benteng konservasi di wilayah Jawa Barat. Maka kawasan Gunung Sanggabuana harus dilindungi dan diselamatkan dari berbagai jenis kerusakan hutan dan aneka pembangunan.

Jika usulan tersebut disepakati, maka nantinya seluruh areal di kawasan Gunung Sanggabuana akan mendapat perlindungan dari negara. Seiring dengan itu, keberadaan satwa dan tumbuhan serta lahan konservasi yang ada di kawasan itu bisa terlindungi dengan baik.

"Saya sudah mengusulkan ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan agar kawasan Gunung Sanggabuana jadi Taman Nasional," tandasnya. (Red)

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Gunung Semeru Erupsi, Warganet: Stay Safe Kawan-kawan

Sabtu, 4 Desember 2021 | 19:07 WIB

Pengedar Narkoba Asahan Simpan Narkoba di Pot Bunga

Sabtu, 4 Desember 2021 | 12:57 WIB
X