QS WUR 2020: 6 Kampus di Indonesia Ini Lulusannya Cepat Dapat Kerja, Mana Saja?

JABARNEWS | JAKARTA – Berdasarkan pemeringkatan QS WUR 2020, Indonesia memiliki enam kampus yang lulusannya cepat dapat kerja. Hal ini mengindikasikan kemampuan bersaing para lulusannya di dunia kerja.

Dalam hal ini, dilansir dari detik.com, pemeringkatan yang dilakukan QS WUR tersebut menggunakan lima indikator. Kelimanya adalah penilaian yaitu reputasi pemberi kerja, hasil alumni, kemitraan dengan pemberi kerja per fakultas, jaringan mahasiswa dengan pemberi kerja, dan tingkat pekerjaan lulusan. Berikut daftarnya.

1. Institut Teknologi Bandung (ITB). Sebagai salah satu PTN terbaik di Indonesia, ITB mendapat skor keseluruhan 15,8-27,5 dari semua indikator penilain. Untuk employer reputation, ITB mendapat nilai 41,3.

Bagi yang ingin masuk ITB, peta persaingan di kampus tersebut pada 2021 patut jadi perhatian. Pada SBMPTN 2021, ITB hanya menerima 1.581 atau 7,8 persen dari total 20.184 pendaftar.

Baca Juga:  DPRD Kota Bekasi Usulkan Subsidi Internet Untuk PJJ

2. Universitas Bina Nusantara (BINUS). BINUS menjadi salah Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang lulusannya cepat dapat kerja. Dengan graduate employment rate 97,2 bisa dipastikan lulusan BINUS memiliki kompetensi yang diinginkan penyedia kerja.

Buat yang ingin masuk BINUS bisa menyiapkan diri sejak dini dan memilih fakultas yang diinginkan. BINUS saat ini memiliki Fakultas Ekonomi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Fakultas Humaniora, Sekolah Desain, Sekolah Ilmu Komputer, Sekolah Bisnis dan Manajemen, dan Sekolah Sistem Informasi.

3. Universitas Diponegoro (Undip). Undip menempati peringkat ketujuh universitas terbaik di Indonesia versi QS WUR. Undip meraih skor 77,8 untuk employer student connection, yang mengindikasikan jaringan baik antara mahasiswa dan penyedia kerja.

Baca Juga:  Diduga Gelar Sekolah Tatap Muka Saat PPKM, Kepala MI: Pengumpulan Tugas Siswa

Bagi yang ingin menempuh pendidikan tinggi di Undip wajib menyiapkan diri, untuk mengikuti seleksi dan memilih fakultas. Sebagai informasi, Undip hanya menerima 3.257 dari 25.302 pendaftar pada SBMPTN 2021.

4. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Kampus ini menempati peringkat 13 sebagai yang terbaik versi QS WUR 2022. Seperti Undip, ITS juga memiliki jaringan mahasiswa dan penyedia kerja yang baik yang ditandai skor 55,5.

Sebagai salah satu kampus terbaik tak heran jika tingkat kompetisi masuk ITS sangat tinggi. ITS hanya menerima 1.899 calon mahasiswa baru dengan jumlah pendaftar lebih dari 16 ribu.

5. Universitas Gadjah Mada (UGM). Salah satu kampus tertua di Indonesia ini, ternyata mampu menghasilkan lulusan yang sesuai kebutuhan pasar kerja. Tak heran jika lulusannya cepat terserap dengan skor employer reputation 29,9.

Baca Juga:  Pelaku UMKM Bisa Dapat Insentif Pajak, Gimana Caranya?

Dengan kualitas yang sangat baik tak heran jika UGM sangat diminati calon mahasiswa. Pada SBMPTN 2021, UGM hanya menerima 2.925 calon mahasiswa baru dari 61.277 peminat.

6. Universitas Indonesia (UI). UI tentu tak mungkin absen dari daftar kampus yang lulusannya cepat dapat kerja. Dengan employer reputation 45,8 dan alumni outcomes 38, kemampuan lulusan UI sesuai keinginan penyedia kerja.

Kampus kuning ini juga menempati posisi pertama kampus terbaik di Indonesia versi QS WUR 2022. Dengan tingkat kompetisi yang tinggi, rasio masuk UI adalah keketatan penerimaan SBMPTN di UI yaitu dimulai dari 1,8-19 persen bergantung dari tiap prodi. (Red)