Keren! Di Indramayu, Buah Sirih Dimanfaatkan Untuk Usir Hama Wereng

JABARNEWS | INDRAMAYU – Sebuah inovasi bidang pertanian dikembangkan petani di Kabupaten Indramayu. Untuk mengusir hama wereng, ternyata tidak harus menggunakan obat kimia, namun bisa juga menggunakan agen hayati.

Sejumlah Petani, di wilayah Indramayu, melakukan pengusiran hama dengan memberikan buah sirih hutan di hamparan sawah yang diserang hama.

Baca Juga:  Anwar Abbas Usulkan Kemenag Dibubarkan, Buntut Pernyataan Kontroversial Gus Yaqut Ini

“Alhamdulilah buah sirih hutan cukup efektif dalam penanganan wereng ini. Dampaknya padi semakin meningkat karena gangguan wereng dapat diminimalisir,” kata Waklan kelompok tani, Kamis (09/09/2021).

Inovasi petani di desa tersebut bahkan menjadi percontohan nasional. Sebab penggunaan buah sirih hutan ternyata mampu menekan WBC sehingga hasil panen menjadi baik.

Baca Juga:  Layanan SIM Keliling Polrestabes Bandung Hari Ini

“Inovasi ini, penggunaan buah sirih hutan untuk mengusir hama ini, menjadi contoh Desa-Desa lain,” katanya.

Kelompok tani yang diketuai oleh Waklan ini mampu mengembangkan inovasi untuk menekan WBC di lahan pertanian di desanya dengan menggunakan buah sirih hutan (Piper Aduncum L).

“Efektivitas penggunaan buah sirih hutan ini, untuk pengendalian WBC di lahan pertanian di desanya tersebut bisa mencapai 70 persen,” katanya.

Baca Juga:  Segugus Impian Kebahagiaan

Dengan penggunaan buah sirih hutan ini, maka tanaman padi bisa terselamatkan dari gangguan wereng dan secara otomatis meningkatkan produktivitas tanaman padi.

“Selama kami menggunakan buah sirih untuk mengusir hama, produktivitas tanaman padi meningkat,” katanya. (Arn)