• Senin, 29 November 2021

Ini Dia Cabor Unggulan Jabar di PON XX Papua

- Selasa, 14 September 2021 | 08:00 WIB
Chief de Mission Kontingen PON XX Jabar Setiawan Wangsaatmaja mengunjungi Pelatda PON Kontingen Jawa Barat, di GOR Pajajaran, Kota Bandung, Senin (13/9/2021). (Foto: Biro Adpim Jabar).
Chief de Mission Kontingen PON XX Jabar Setiawan Wangsaatmaja mengunjungi Pelatda PON Kontingen Jawa Barat, di GOR Pajajaran, Kota Bandung, Senin (13/9/2021). (Foto: Biro Adpim Jabar).

JABARNEWS | BANDUNG - Komandan Kontingen PON XX Jabar Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, sejumlah cabang olahraga (cabor) unggulan yang diprediksi menjadi lumbung medali, seperti di antaranya pencak silat, voli, taekwondo, karate, gulat, dan beberapa cabor lainnya.

Oleh karena itu, dia mengingatkan para atlet, pelatih, dan ofisial tetap menjaga kesehatan dengan menjaga protokol kesehatan. Mengingat perhelatan olahraga paling bergengsi di Indonesia melibatkan banyak orang yang rawan penularan Covid-19.

Sekretaris Daerah Provinsi Jabar ini menyampaikan, PON XX menjadi titik akhir seluruh daya upaya yang sudah dipersiapkan di semua lini sedemikian rupa. Dia menyerukan agar usaha dan pengorbanan jangan sampai sia-sia hanya karena tidak menjaga kesehatan.

"Pertama tadi saya dengan Pak Ketua Umum KONI Jabar, Disorda, melihat secara langsung bagaimana persiapan para atlet yang akan berangkat ke Papua, yang saya lihat kali ini bahwa atlet- atlet dikondisikan pada titik akhir ini mereka benar -benar disiapkan untuk bertanding dalam PON XX," kata Setiawan di Pelatda PON Kontingen Jabar, di GOR Pajajaran, Kota Bandung, Senin (13/9/2021).

Dia mengimbau agar kontingen Jabar mulai dari atlet, pelatih, hingga official terus menjaga kekompakan. Karena iklim kekompakan akan menjadi kekuatan.

Sehingga perlu dibangun komunikasi yang nyaman. Sekda Jabar mengungkap sudah melihat hal tersebut di tubuh kontingen PON XX Jabar.

"Bahwa kesiapan dari berbagai segi termasuk logistik sudah benar- benar siap. Kedua saya melihat dari sisi persiapannya, dari komunikasi atlet dan pelatih itu sangat baik sekali. Tentu saja bahwa PON ini adalah ultimate, di dalam pesta olahraga ini, kekompakan harus tetap terjaga," tuturnya.

"Kita membawa nama kontingen Jawa Barat. Karena itu kekompakan harus terjalin, baik official, para manajer tim, pelatih, dan atlet, dan saya melihat ada," tambahnya.

Dirinya berpesan bahwa bila ingin meraih Juara umum, maka Kontingen Jabar harus meraih sekira 20-24 persen medali emas, atau setara 137- 160-an medali emas. Setiawan berharap atas berbagai kerja keras, angka -angka tersebut bisa diraih.

"Kita targetnya adalah, kurang lebih kalau ingin juara umum, kita harus meraih medali emas 20-24 persen, jadi kalau kita dijumlahkan sekitar 137- 160-an medali emas," paparnya.

Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jabar Ahmad Saefudin mengatakan, total kontingen PON XX Jabar berdasarkan SK Gubernur Jabar No: 426/Kep.528-Dispora/2021 berjumlah 1.239 orang yang terdiri dari 770 atlet, 394 manager dan official, serta 75 orang pendukung.

Kontingen Jabar akan mengikuti 37 cabor pada perhelatan yang akan digelar 2 -15 Oktober 2021. "Semua (atlet dan ofisial) dalam kondisi fit maka harus dijaga jangan sampai ketika hadir di Papua malah sebaliknya," tegas Ketua Umum KONI Jabar.

Terkait keberangkatan para atlet, KONI sudah menjadwalkan sedemikian rupa. Logistik dan akomodasi sudah 100 persen disiapkan. "Logistik sudah 100, sudah kita juga menyiapkan transportasi, akomodasi, pelayanan kepada kontingen, karena itu bagian dari strategi," tandasnya. (Red)

Editor: Administrator

Tags

Terkini

X