Sidak PTM, Bupati Cianjur Kaget Ada Siswa SD Lupa Membaca

JABARNEWS I CIANJUR – Bupati Cianjur Herman Suherman kaget saat menemukan pelajar kelas IV SD Negeri Ibu Dewi 1 Cianjur, saat inspeksi mendadak (sidak), telah lupa dengan cara membaca.

“Saya kaget, ternyata sekolah SD di kota masih ada siswa yang lupa membaca, karena tidak sekolah selama  1,5 tahun,” ujar,” akunya kepada insan media, saat dihubungi langsung, Senin (13/9/2021).

Baca Juga:  Ayu Azhari Sebut Ibra Sudah Ketergantungan Narkoba

Meskipun begitu, Herman mengungkapkan, harap dimaklumi, pasalnya masih adanya pelajar yang lupa membaca, karena belajar secara daring selama kurang lebih 1,5 tahun.

“Bagi mampu secara ekonomi, mereka memiliki handphone dan untuk membeli kuota internet, berbeda dengan tidak mampu. Begitu,” ujar Bupati Cianjur, kepada JabarNews.com, Selasa (14/9/2021).

Masih ujarnya, contohnya pelajar di SD Negeri Ibu Dewi 1, ternyata orangtuanya secara ekonomi masuk kategori pendapatan rendah, katanya, nggak punya handphone, apalagi membeli pulsa.

Baca Juga:  Positif Covid-19, Rektor IPB University Tetap Beri Sambutan

Menindaklanjuti temuan tersebut, tutur Herman, meminta guru yang menemukan pelajar lupa membaca, diharapkan memberikan pelajara tambahan usai pulang sekolah.

“Sudah saya perintahkan semua guru untuk segera memberikan pelajaran tambahan ada siswa yang lupa membaca,” ucap Herman.

Baca Juga:  Objek Wisata Gunung Puntang Ditutup Dua Pekan, Ini Alasannya

Adanya fenomena banyak pelajar yang lupa membaca, Bupati Cianjur menyampaikan, merupakan salah satu indikasi menurun kualitas pendidikan di Cianjur, karena memang terjadi di semua daerah. Jadi, artinya bukan hanya di Cianjur saja.

“Semua daerah di Indonesia mengalami hal yang sama mungkin di dunia pendidikan, indikatornya,” sebut Bupati Cianjur singkat. (Mul)