PKK Miliki Peran Penting Dalam Program KB Bagi Masyarakat Hingga Posyandu

JABARNEWS | PURWAKARTA – Peran dari dasawisma sangat sentral dan penting serta merupakan garda terdepan dari Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) di dalam mengaplikasikan atau menerapkan 10 program PKK.

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris TP PKK Kabupaten Purwakarta, Rochmawati, usai mengikuti kegiatan Rapat Koordinasi kesatuan gerak PKK bangga kencana kesehatan tingkat Provinsi Jawa Barat, di Aula Kantor Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Purwakarta, pada Rabu (15/9/2021).

“Hari ini TP PKK Kabupaten Purwakarta mengikuti rakor tingkat Provinsi Jawa Barat, dengan tema Kita Wujudkan Keluarga Sehat Sejahtera Menuju Jawa Barat Juara,” ucap Rochmawati.

Untuk tahun 2021 ini, kata dia, sasaran program prioritas PKK Kabupaten Purwakarta selain untuk kegiatan pemulihan ekonomi akibat dampak Covid-19 juga fokus pada penanganan stunting, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Lingkungan Bersih Sehat (LBS) termasuk Posyandu di seluruh desa dan kelurahan.

Baca Juga:  Stok Gas Melon Di Purwakarta Aman Hingga Dua Pekan Setelah Lebaran

“Kedepan kita bakal lakukan upaya peningkatan kapasitas Dasawisma agar lebih mampu dalam pengelolaan suatu kegiatan pemberdayaan keluarga atau ketahanan keluarga termasuk pencegahan dan pengendalian Covid-19 serta penanganan stunting,” imbuhnya.

Dijelaskan Rochmawati, pembinaan Dasawisma ini merupakan anjuran dari PKK Pusat dan PKK Provinsi Jawa Barat tersebut diharapkan mampu memberdayakan kelompok PKK hingga ke kelompok terkecil (Dasawisma) dengan harapan melahirkan generasi yang kuat.

Baca Juga:  Pastikan Pasokan Aman, Pemkot Bandung MoU Pemkab Lebak

“Dasawisma sebagai salah satu program PKK, menjadi bagian penting yang harusnya mendapat perhatian kita semua. Salah satu kegiatannya meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan keluarga,” tutur wanita yang menjabat sebagai Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan di Dinsos P3A itu.

Ditempat yang sama, Kepala Bidang Keluarga Berencana (Kabid KB) di DPPKB Kabupaten Purwakarta, Idi Junaedi mengakui bahwa selama ini yang menjadi tantangan di tengah masyarakat adalah bagaimana membudayakan PKK sebagai salah satu gerakan yang mampu meningkatkan kesejahteraan pembangunan masyarakat khususnya lingkungan keluarga.

Oleh karenanya, untuk mewujudkan kesejahteraan dan ketangguhan masyarakat pada masa pandemi, dibutuhkan kerja sama semua pihak, agar terjadi sinergitas dalam menjalankan program tersebut.

Baca Juga:  Kemenag Purwakarta: Cegah Karim Lewat Majelis Taklim

“PKK ini sebagai mitra kerja pemerintah yang programnya menyentuh hingga lingkungan keluarga, diharapkan mampu berperan penurunan angka stunting, pengendalian laju pertumbuhan penduduk melalui program KB bangga kencana serta memutus mata rantai penyebaran Covid-19 melalui penerapan perilaku hidup bersih dan sehat,” tutur Idi.

Dalam mewujudkan hal itu, sambung dia, DPPKB Kabupaten Purwakarta dan PKK bertekad meningkatkan peran aktif di tengah masyarakat agar mendapat hasil maksimal.

“Kami berharap seluruh anggota PKK tidak bosan-bosannya memberikan penyuluhan kepada masyarakat akan pentingnya program KB dan kesehatan, terutama dalam hal peningkatan kesejahteraan masyarakat,” harap Idi. (Gin)