Warga Purwakarta Terjebak Eceng Gondok di Jatiluhur, Petugas Sempat Kesulitan Evakuasi

JABARNEWS | PURWAKARTA – Sebanyak 7 orang warga dari Kecamatan Sukatani dan Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta berhasil diselamatkan oleh Satuan Polisi Perairan (Satpolair) Polres Purwakarta, usai terjebak oleh kumpulan tanaman Eceng Gondok di Waduk Jatiluhur.

Selama hampir tujuh jam, petugas pun terpaksa memindahkan satu persatu warga yang sedang melakukan perjalanan dengan perahu tersebut ke dalam Kapal Patroli milik Satpolair Polres Purwakarta itu.

Proses penyelamatan korban Eceng Gondok ini, diakui memang cukup dramatis. Sebab petugas juga kesulitan untuk menembus kumpulan Eceng Gondok yang memenuhi perairan.

Baca Juga:  Puluhan Wistawan ke Puncak Bogor Dipulangkan, Karena Reaktif Covid-19

Kapolres Purwakarta, AKBP Suhardi Hery Haryanto melalui Kasat Polair, AKP Jajang Sukandar, mengatakan awalnya pada Rabu, 15 September 2021 kemarin, petugas piket mendapatkan laporan dari masyarakat adanya perahu yang terjebak eceng gondok di perairan waduk Jatiluhur, persisnya di wilayah Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta.

“Kami menerima laporan adanya dua perahu mesin mati dan kehabisan bahan bakar serta terjebak eceng gondok yang padat sehingga untuk perahu tradisional sangat sulit untuk bergerak atau berjalan,” ucap Jajang saat dihubungi melalui telepon selulernya, pada Kamis (16/9/2021).

Baca Juga:  Simak, Ini Dia Keuntungan Tabungan Emas Pegadaian

Dijelaskannya, menurut keterangan para korban, mereka terjebak dari pukul 15.00 WIB dan sekira pukul 20.00 WIB baru melaporkan ke Satpolair Polres Purwakarta.

“Setelah mendapatkan laporan, petugas jaga melakukan evakuasi menggunakan Kapal Patroli VIII-2341 Satpolair Polres Purwakarta dengan memindahkan penumpang ke dalam Kapal Patroli. Berdasarkan keterangan para korban, mereka terjebak di sana kurang lebih selama 7 Jam,” ucap Jajang.

Setelah di evakuasi ke Kapal Patroli, sambung dia, para korban diberikan air minum dan makanan kemudian mengantarkan perahu serta para penumpang ke dermaga Serpis, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta.

Baca Juga:  KPK Limpahkan Kasus Bupati Indramayu ke PN Tipikor Bandung

“Seluruh warga yang terjebak eceng gondok dalam keadaan sehat. Tak lupa kami terus memberikan imbauan kepada penumpang dan pengguna danau Jatiluhur untuk tidak memaksakan berlayar melintasi area berkumpulnya eceng gondok dikarenakan dapat menghambat laju perahu yang mengakibatkan mesin trauble terlebih berlayar dimalam hari,” pesan AKP Jajang Sukandar. (Gin)