• Selasa, 26 Oktober 2021

Sekolah Negeri di Kota Bogor Ambruk, Dua Bangunan Kelas Rusak

- Kamis, 16 September 2021 | 20:10 WIB
Atap Sekolah Dasar Negeri (SDN) Otisa di Kota Bogor, Jawa Barat, ambruk. (Foto: Istimewa)
Atap Sekolah Dasar Negeri (SDN) Otisa di Kota Bogor, Jawa Barat, ambruk. (Foto: Istimewa)

JABARNEWS | BOGOR – Atap gedung sekolah ambruk menimpa Sekolah Dasar Negeri (SDN) Otista di Jalan Otto Iskandardinata (Otista), Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat, Kamis (16/9/2021). 

Ambruknya atap sekolah negeri di Kota Bogor itu diduga karena kayu penahan atap yang sudah lapuk karena dimakan usia. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu.

Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor Jarwo menuturkan, atap gedung SDN Otista ambruk pada Kamis siang.

"Ambruknya atap mengakibatkan dua ruangan kelas rusak. Ini lebih disebabkan faktor usia, jadi sudah lama," kata Jarwo, dikutip dari Beritasatu.

Kata dia, struktur atap yang terbuat dari kayu termakan usia mengakibatkan lapuk sehingga bila terjadi guncangan akibat angin menimbulkan atap ambruk karena beban di atas struktur kayu.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Pihak sekolah, kata Jarwo, memang telah melihat tanda-tanda dan mengantisipasi kejadian dengan menempel pemberitahuan kelas tidak bisa digunakan.

Saat ini, BPBD Kota Bogor juga sudah melakukan antisipasi agar ambruknya atap tidak menjalar ke kelas lain.

"Ini kita adakan penyekatan atau isolasi dengan cara memotong dua kelas yang sudah rubuh dengan kelas berikutnya. Manakala nanti ada rubuhan berikutnya, ini tidak merembet ke kelas-kelas berikutnya," tambah Jarwo. (Red)

Editor: Yoyo W

Tags

Terkini

X