World Cleanup Day, Uu Ruzhanul Ulum Minta Masyarakat Kelola Sampah Rumah Tangga

JABARNEWS | TASIKMALAYA – Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, peringatan World Cleanup Day (WCD) atau Hari Bersih-bersih Sedunia pada 19 September merupakan momentum untuk memicu kepedulian masyarakat terhadap persoalan sampah.

Dia pun mengajak masyarakat untuk memilah dan mengolah sampah dari lingkungan terkecil, yakni rumah tangga. Selain itu, menurut Pak Uu, pemerintah bersama berbagai pihak akan terus menyosialisasikan dan mengedukasi masyarakat mengenai pengelolaan sampah di rumah tangga.

“Sekarang bahasa ‘Buanglah Sampah pada Tempatnya’ sudah kurang pas. Tetapi, sekarang bahasanya ‘Proses Sampah, Dimanfaatkan’ makanya rumah tangga dianjurkan bisa memanfaatkan sampah semaksimal mungkin,” kata Uu Ruzhanul Ulum saat menghadiri puncak acara WCD bertema ‘Bersatu untuk Indonesia Bersih’ via konferensi video dari Rumah Singgah Wagub Jabar, Kabupaten Tasikmalaya, Sabtu (18/9/2021).

Baca Juga:  BBC, Komunitas BMW Kota Kembang

Menurutnya, Pemda Provinsi Jabar memiliki sejumlah program pengolahan sampah. Mulai dari revitalisasi sungai, ecovillage atau masyarakat berbudaya lingkungan, sampai mengoptimalkan bank-bank sampah.

Baca Juga:  Waduh! Lebaran Usai, 2.000 ASN Disdikpora Karawang Mangkir Kerja

Selain itu, lanjut Uu Ruzhanul Ulum, Pemda Provinsi Jabar bersama PT Pegadaian menggagas Waste to Gold yang memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk menukar sampah, terutama sampah plastik, dengan emas.

“Program-program tersebut adalah komitmen kami dalam menerapkan Waste to Energy, tentunya perlu gayung bersambut dari masyarakat untuk membantu pemerintah mewujudkan lingkungan yang bersih,” tuturya.

“Kalau untuk kegiatan ke depan, kami yakin para pihak sudah punya hal apa yang intinya bagaimana lingkungan bersih dari sampah. Pemerintah akan mendorong dan memberi dukungan,” tambahnya.

Baca Juga:  Tidur Kalian Selalu Ngorok Atau Mendekur? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Uu Ruzhanul Ulum menyampaikan, pengoptimalan bank-bank sampah harus terus dilakukan. “Juga terkait sehat, adalah antara lain sehat jasmani, rohani, yang didukung kebersihan lingkungan, seperti bersih udara kita, begitu juga bersih air kita, merupakan faktor utama. Selain faktor luar, ada juga faktor dalam, yakni hakikat, teologi, yakni keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT, ini juga faktor kesehatan dari segi rohani,” tandasnya. (Red)