• Sabtu, 23 Oktober 2021

WCD, Anne Ratna Mustika Ajak Warga Purwakarta Kelola Sampah

- Minggu, 19 September 2021 | 20:00 WIB
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika saat World Cleanup Day (WCD) atau Hari Bersih-Bersih Sedunia. (Foto: Pemkab Purwakarta)
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika saat World Cleanup Day (WCD) atau Hari Bersih-Bersih Sedunia. (Foto: Pemkab Purwakarta)

JABARNEWS | PURWAKARTA – Pada momentum World Cleanup Day (WCD) atau Hari Bersih-Bersih Sedunia, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengajak masyarakat untuk melakukan pemilahan sampah.

"Momentum ini (WCD) akan memotivasi kita untuk terus bergerak dalam pengelolaan sampah," kata Anne Ratna Mustika, di Purwakarta, Jawa Barat, Minggu (19/9/2021).

Ia mengajak agar seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Purwakarta untuk lebih peduli terhadap sampah yang dihasilkan dengan cara memilah sampah mulai dari rumah, sesuai dengan jenisnya.

Hal tersebut harus dilakukan, agar lebih mudah pengelolaannya, selanjutnya akan mengurangi sampah secara signifikan.

"Saya sudah menyampaikan bahwa 'pekerjaan rumah' kita dalam pengelolaan sampah itu banyak," kata Anne Ratna Mustika.

Di antaranya ialah pengelolaan sampah domestik untuk pemilahan sampah organik, nonorganik dan sampah yang dihasilkan dari para pelaku usaha serta sampah yang dihasilkan oleh masyarakat umum.

WCD itu sendiri merupakan gerakan global yang mengajak individu, komunitas dunia usaha dan pemerintahan di seluruh dunia untuk menyatakan kepedulian dan perubahan perilaku masyarakat dalam pengelolaan sampah.

Anne Ratna Mustika mengatakan, kegiatan sosial peduli terhadap lingkungan dengan Skala Internasional ini sedang digaungkan melalui World Cleanup Day Indonesia. Kegiatan tersebut juga dilaksanakan secara serentak di seluruh dunia.

"Gerakan bersih-bersih merupakan bukti nyata untuk meningkatkan kepedulian dan perubahan perilaku masyarakat dalam pengelolaan sampah, jadi ini harus dilaksanakan bersama-sama," kata Bupati Purwakarta. (Red)

Editor: Yoyo W

Tags

Terkini

X