Ridwan Kamil Sebut Ekonomi Kreatif Berperan Besar Bagi Perekonomian Jabar

JABARNEWS | BANDUNG – GubernurJawa Barat Ridwan Kamil menyebut bahwa ekonomi kreatif berperan besar bagi perekonomian Jabar bahkan nasional. Hal ini ditunjang oleh besarnya jumlah penduduk dan fasilitas yang menunjang.

“Jabar adalah provinsi terbesar di Indonesia termasuk industri ekonomi kreatifnya. Kami aktif mempromosikan ekonomi kreatif, resilience dan inklusivitas di masa pandemi,” kata Ridwan Kamil saat membuka Connecticity International Conference on Creative Economy 2021 secara virtual dari Gedung Pakuan Bandung, Selasa (21/9/2021).

Ridwan Kamil menjelaskan bahwa Jabar menjadi satu-satunya provinsi di Indonesia yang memiliki Komite Ekonomi Kreatif dan Inovasi (Kreasi) yang didirikan tahun lalu.

Baca Juga:  Kota Bandung Rawan Banjir, Oded M Danial Minta DPU dan Kewilayahan Antisipasi luapan Air

Menurutnya, Kreasi merupakan lembaga yang dibentuk untuk mendorong kolaborasi pemangku kepentingan ekonomi kreatif dalam melahirkan kreativitas dan inovasi yang memberikan nilai tambah dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

“Kita satu-satunya di Indonesia yang memiliki komite ekonomi kreatif dan inovasi, ini adalah kombinasi kolaborasi pentaheliks,” jelasnya.

Dari sisi infrastruktur, lanjut Ridwan Kamil, Pemda Provinsi Jabar juga tengah membangun gedung kreatif center di 27 kabupaten/ kota. Beberapa sudah selesai dibangun dan menjadi wadah bagi anak muda di untuk berekspresi menghasilkan industri kreatif.

Baca Juga:  Asian Style Photo Hunting Sukses Satukan Para Photographer Kota Bandung

“Kita membangun di 27 kabupaten/ kota yaitu gedung kreatif center yang beberapa sudah selesai dibangun. Kami berharap semua daerah punya gedung kreatif agar ekonomi berkembang,” tuturnya.

Ridwan Kamil mengungkapkan, dalam situasi Covid-19 yang semakin terkendali di Jabar, menjadi momentum kebangkitan ekonomi kreatif yang sempat terkendala. Kang Emil mengatakan tingkat keterisian tempat tidur pasien Covid-19 di Jabar kini hanya 7 persen.

Baca Juga:  H-3, Tercatat 35.828 Kendaraan Melintas di Cipali

“Kita sedang menuju perubahan pandemi ke endemi dan ini menjadi kebangkitan ekonomi salah satunya ekonomi kreatif,” ungkapnya.

Sekadar informasi, Connecticity 2021 digagas oleh Pemda Provinsi Jabar bekerja sama dengan Kreasi Jabar, Indonesia Creative City Network (ICCN) dan British Council. Event rutin tahunan ini memetakan soal hub kreatif dan dampaknya terhadap pembangunan di daerah. (Red)