Puspomal Gelar Vaksinasi dan Bagikan Sembako di Jatiluhur

JABARNEWS | PURWAKARTA – Pusat Polisi Militer Angkatan Laut (Puspomal) menggelar serbuan vaksinasi nasional dan pembagian sembako di Dermaga Serpis, Waduk Jatiluhur, Desa Jatimekar, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, pada Kamis (23/9/2021).

Uniknya, sebagian warga yang akan menerima bantuan sembako dan ikuti vaksinasi dijemput menggunakan perahu bargas.

Acar dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat itu dihadiri, Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika, Kapolres Purwakarta, AKBP Suhardi Hery Haryanto, Dandim 0619/Purwakarta, Letkol Arm Krisrantau Hermawan dan Forkopimda Kabupaten Purwakarta.

Dirbin Pers Puspomal, Kolonel Laut Firdaus Agus Cahyadi mengatakan, selain melakukan vaksinasi pihaknya juga membagikan ribuan paket sembako untuk masyarakat setempat.

“Kegiatan ini merupakan upaya percepatan vaksinasi nasional agar masyarakat bisa melakukan kegiatan keseharian seperti sediakala, sekaligus mendukung percepatan perekonomian nasional,” tutur Kolonel Laut Firdaus kepada awak media.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Datangi Rumah Mak Tien yang Nyaris Roboh: Amal Jariahnya Luar Biasa

Dijelaskannya, dipilihnya, Waduk Jatiluhur sebagai salah satu tempat vaksinasi karena tempat tersebut merupakan salah satu tempat latihan TNI Angkatan Laut.

“Kita pilih tempat ini karena merupakan tempat latihan kita, banyak atlet dayung TNI AL juga lahir disini dan sering mendapatkan prestasi di event nasional maupun internasional,” ungkap Firdaus.

Selain masyarakat setempat dan para nelayan, sambung dia, vaksinasi oleh Puspomal juga menyasar para pelajar yang akan menggelar pembelajaran tatap muka.

“Selain masyarakat para nelayan juga kita jemput menggunakan kapal KPLT dan Polairud, para pelajar juga antusias ikut vaksinasi kali ini,” ungkapnya.

Untuk Vaksinasi Covid-19, kata Firdaus, pihaknya menyiapkan sebanyak 1.100 dosis untuk vaksinasi kali ini, tapi jika masyarakat masih banyak yang mau divaksin, pihaknya juga siap melayani.

Baca Juga:  DPRD Jabar Harap Jokowi Tepati Komitmen Selesaikan Tol Cisumdawu

“Dosis yang kita sediakan sesuai pendaftaran di awal ada 1.100, tapi kata Pak Lurah tadi kemungkinan akan lebih, kita masih akan melayani,” jelasnya.

Selain melakukan vaksinasi Puspomal juga membagikan 1.600 paket sembako bagi masyarakat Dermaga Serpis yang terdampak pandemi.

Sementara, Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika mengatakan sampai saat ini pencapaian di Kabupaten Purwakarta sampai dengan tanggal 22 September 2021sudah mencapai 41,08 persen.

“Memang hari ini ada kebijakan untuk masuk PPKM level 2 itu kita harus mengejar angka 50 persen lebih. Hari ini sedang kita kejar untuk capaian itu.

Tapi memang yang menjadi permasalahan selalu sama dari awal hingga saat ini, itu adalah droping,” ucap wanita yang akrab disapa Ambu Anne itu.

Baca Juga:  Ini Modus Dua Oknum Wartawan di Bogor yang Peras Perangkat Desa hingga Puluhan Juta

Terpisah satu perseta vaksinasi Gita Aprilia (15) pelajar asal Campaka, Kabupaten Purwakarta mengatakan, ia ikut vaksinasi untuk persiapan menggelar Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang kemungkinan akan digelar pekan depan.

“Aku tau info vaksinasi dari teman mamah, ikut kesini juga sama kakak sama mamah,” ujar Gita usai divaksin di Dermaga Serpis.

Menurutnya, saat ini tempatnya sekolah di SMAN 3 Purwakarta di wilayah kota belum menggelar PTM, ia mengatakan saat jadwal vaksinasi di daerah tempat tinggalnya berlangsung dirinya baru sembuh usai terkonfirmasi positif COVID-19.

“Aku pas kemarin disana baru sembuh Covid-19 jadi belum boleh, sekarang kan udah 3 bulan, jadi ikut vaksin disini,” ungkap Gita. (Gin)