Ridwan Kamil: Masjid Aljabar Rampung 2020

JABARNEWS | BANDUNG – Masjid Aljabar yang merupakan Masjid Raya Jawa Barat ditargetkan akan rampung pada 2020.

Pernyataan itu disampaikan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang juga arsitek dari masjid tersebut.

“Target tahun ini baru 30% an makanya saya tulis 2020 karena target eksteriornya beres 2019,” kata Emil, sapaan Ridwan Kamil, saat ditemui di Gedung Sate Bandung, Jumat (7/12/2018).

Baca Juga:  Ini Pesan Ridwan Kamil untuk Ngatiyana dan Warga Kota Cimahi

Diketahui, pada 2016 Emil diminta oleh Gubernur sebelumnya Ahmad Heryawan untuk mengonsep desain arsitektur dari masjid yang dibangun di atas danau ini. Terkait konsep dari desainya sendiri, Emil mengungkapkan, diambil dari konsep matematika Aljabar yang juga nama dari masjid tersebut.

“Saya mendesain dengan konsep matematika, Aljabar ini. Dari sebuah rumus matematika mah jadi sebuah angka, kalau arsitektur rumus itu menjadi 3 dimensi,” tambahnya.

Baca Juga:  Di Kota Bandung, Lansia Permukiman Padat Masih Diutamakan Vaksin Penguat

Dikatakannya, jika dilihat desain dari masjid Aljabar ini adalah kumpulan perulangan-perulangan, dari besar, sedang, hingga kecil.

“Alasan lain dari konsep Aljabar ini, untuk kembali membangkitkan umat Islam yang dulunya berjaya dalam bidang pengetahuan khususnya matematika,” ujarnya.

Baca Juga:  Dedi Mulyadi Dicegat Seorang Wanita saat Bersepeda

Diketahui, masjid Aljabar ini juga akan dilengkapi dengan Museum Al Quran yang terletak di lantai dasar masjid.

Masjid terapung Aljabar berdiri di atas danau buatan Gedebage, Bandung. Diperkirakan dapat menampung sekitar 50 ribu jamaah dengan ukuran 99 x 99 meter dan dikelilingi danau yang sekaligus pengendali banjir di Bandung Raya. (Mil)

Jabarnews | Berita Jawa Barat