Sebelum Membeli Ban, Pastikan Kalian Memperhatikan Ini

JABARNEWS | BANDUNG – Ban sendiri memiliki kode produksi yang di umumnya dicetak pada bagian dinding ban mobil itu sendiri. Kode produksi sendiri berguna untuk mengetahui kapan tepatnya ban tersebut dibuat serta kapan sebaiknya ban tak lagi dipakai.

Mengingat, seperti kebanyakan produk otomotif lainnya. Hampir setiap komponen tentu memiliki masa pakai atau umur pakai. Semakin lama umur masa pakai, maka semakin berkurang pula kualitasnya. Begitu juga dengan ban mobil.

Baca Juga:  Siaga! Bima Arya Tegaskan Lonjakan Omicron Lebih Tinggi dari Delta

Cara Membaca Kode Produksi Ban Mobil dan Penjelasan Lengkap



Oleh karena itulah, mengetahui kode produksi ban serta mengetahui bagaimana cara membaca kode produksi ban mobil amat sangat penting. Karena besar kecilnya mengetahui arti kode produksi ban mobil pun sangat berpengaruh terhadap kenyamanan dalam berkendara.

Nah bicara mengenai kode produksi ban Mobil. Setidaknya hampir semua merek ban mobil di Indonesia baik itu Bridgestone, Goodyear, Dunlop, Hankook atau juga Michelin dan Gajah Tunggal memiliki kode produksi berbeda-beda.

Baca Juga:  Samsat Majalengka Dipadati Warga Usai Libur Lebaran

Dimana umumnya kode produksi ban mobil sendiri dicetak menggunakan empat angka unik agar memudahkan untuk membacanya. Dan kode produksi ban sendiri memiliki beberapa fungsi penting baik itu untuk perusahaan maupun untuk konsumen.

  1. Kode ban berfungsi sebagai tanda produksi untuk kepentingan internal perusahaan.
  2. Pemberian kode produksi pada ban mobil juga digunakan untuk memberi tahu kepada setiap pengguna kapan tepatnya ban tersebut dibuat oleh pabrik ban terkait.
  3. Sebagai nomor pelacakan ketika ban ternyata mengalami kendala saat proses pembuatan atau produksi, sehingga mudah ditemukan.
  4. Terakhir sebagai standar aturan internasional terkait pembuatan dan produksi ban tersebut.
Baca Juga:  Dilarang Pacaran, Siswi SMP Loncat Dari Flyover Tol Palikanci

Dengan melihat pentingnya kode produksi ban mobil seperti di atas kami sampaikan. Maka bisa kita tarik kesimpulan bahwa sebagai pengguna kita wajib tahu bagaimana cara membaca kode produksi ban mobil sehingga tidak akan ada kekecewaan saat sudah membelinya. (Red)