Segudang Manfaat Jahe Merah: Dari Batuk Hingga Nyeri Haid

JABARNEWS | BANDUNG – Jahe merah merupakan salah satu tumbuhan yang memiliki segudang manfaat untuk Kesehatan hingga kecantikan. Jahe merah identik dengan rasa yang lebih pedas dibanding jahe biasa.

Jahe merah juga merupakan salah satu bahan yang sering ditemukan dalam minuman Kesehatan dan bahan obat-obatan. Hal ini desebabkan jahe merah memiliki banyak kandungan yang baik untuk Kesehatan.

Banyak orang sering kali merasa sulit membedakan antara jahe dan lengkuas. Pasalnya, kedua rempah ini memiliki tampilan yang sangat mirip. Faktanya, jahe memang masih satu keluarga dengan lengkuas. Bahkan, jahe juga masih satu keluarga dengan temulawak, temu hitam, kencur, kunyit.

Baca Juga:  Bus Sekolah Gratis di Bandung, Kembali Beroperasi: Ini Rutenya!

Sekilas tentang bentuk tanaman jahe merah, yakni berbentuk rumpun dan berbatang semu. Akar tanaman ini berbentuk rimpang dengan daging akar berwarna keputihan, kekuningan, atau kemerahan. Jahe memiliki aroma yang sangat khas, yaitu agak pedas.

Baca Juga:  Polisi Segera Ungkap Nama-nama Content Creator Onlyfans

Bentuk daunnya menyirip dan tangkai daunnya berbulu. Mahkota bunganya berbentuk tabung dengan helai yang agak sempit dan tajam, berwarna kuning kehijauan. Sementara bibir bunga dan kepala sarinya (putik) berwarna ungu agak gelap dan terdapat bintik-bintik putih kekuningan.

Kandungan dari jahe merah terdiri dari Shogaol, Gingerol, Zingeron, Capsaicin, Farnesene, Cineole, Caprylic Acid, Aspartic, Linolenic Acid, Gingerdione, Serat Resi, Oleoresin, dan Minyak Atsiri.

Baca Juga:  Modus Pinjam Selimut, Penjaga Madrasah di Tasikmalaya Gagahi Anak di Bawah Umur

Dikutip dari Instagram melalui akun Instagram Kementrian Pertanian @kementrianpertanian, berikut adalah manfaat jahe merah untuk Kesehatan dan kecantikan.

  1. Dapat meredakan batuk
  2. Meredakan sakit kepala
  3. Mengatasi rematik
  4. Menurunkan kadar kolesterol
  5. Mengatasi peradangan
  6. Sebagai antioksidan dan antibakteri
  7. Bisa mengatasi nyeri saat menstruasi
  8. Membantu menurunkan berat badan dan menghilangkan jerawat

Penulis: Dewi Gayatri