Sejumlah Pekerja di Tempat Wisata di Lembang Terkonfirmasi Positif Covid-19

JABARNEWS | BANDUNG BARAT – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bandung Barat (KBB) menyatakan ada penambahan kasus positif Covid-19 di kalangan pekerja wisata yang berada di kawasan Lembang.

Kepala Surveilans dan Imunasasi Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes KBB Muhammad Jauhari menyataan, kasus positif Covid-19 di kalangan pekerja wisata itu diketahui dari hasil swab test.

“Benar ada yang positif Covid-19 dari hasil swab test. Sebanyak delapan orang merupakan pekerja di Grafika Cikole, terus ada satu orang dari Puteri Gunung Hotel,” kata Jauhari, saat dihubungi, Selasa (1/12/2020).

Baca Juga:  Polisi Tangkap Pelaku Kejahatan Jalanan di Kota Banjar, Catat! Ini Nama Kelompoknya

Kepala Bidang P2P Dinkes KBB Mulyana menambahkan, saat ini pihaknya tengah melakukan tracing kontak erat dari para pekerja wisata yang terkonfirmasi positif Covid-19.

“Tracing sedang berjalan, setelah itu akan menjalani swab test. Mereka kondisinya sehat, jadi semua isolasi mandiri,” kata Mulyana. 

General Manager Terminal Wisata Grafika Cikole (TWGC) Bagus Widy Prasetyo menyebutkan, hasil swab test para pekerja diterima pada Senin (30/11/2020) kemarin.

“Ternyata ada yang positif, sehingga kami langsung mengambil langkah cepat dengan menutup Grafika Cikole untuk waktu yang belum ditentukan,” ucapnya. 

Baca Juga:  Pemkot Bandung Larang Tempat Hiburan Malam Beroprasi selama Ramadhan

Penutupan Grafika Cikole dimaksudkan agar sterilisasi secara mandiri dapat dilakukan dengan leluasa. Pihaknya menggandeng Badan Penanggulangan Bencam Daerah (BPBD) dalam melakukan sterilisasi

“Sterilisasi kami lakukan sendiri beserta staf, rencananya pihak dari BPBD KBB juga akan membantu melakukan penyemprotan di TWGC,” kata dia. 

Bagus menambahkan, ke depan pihaknya akan perketat penerapan protokol kesehatan, termasuk dalam aktivitas para pekerja di rumahnya. Selain itu, keluarga para pekerja yang positif Covid-19 diminta untuk melakukan swab test ke puskesmas.

Seperti diketahui, Dinkes bersama Dinas Pariwisata KBB melakukan swab test masal kepada para pekerja di sektor wisata pada 25-26 November 2020 lalu. Swab test masal itu sebagai antisipasi dan persiapan libur panjang akhir tahun.

Baca Juga:  Bikin Bangga, Atlet Judo Subang Sumbang Medali Emas

Total ada 462 pekerja yang melakukan swab test di dua tempat berbeda, yakni di TWGC Lembang dan Kampung Daun Parongpong. Para pekerja itu berasal dari lima tempat wisata.

Kelima tempat wisata itu ialah Putri Gunung Hotel, The Lodge Maribaya Group, Dago Dreampark, Gedung Putih, dan TWGC Lembang. (Yoy)