Simak! Inilah Fakta Tersembunyi Dibalik Masalah Ketombe

JABARNEWS | BANDUNG – Ketombe atau dendruff sebenarnya adalah kulit mati yang terkelupas di kulit kepala, tidak sedikit orang memiliki masalah ini secara konstan. Biasanya seseorang jadi tidak nyaman karena akibat serpihan putih yang ada dikepala. Selain itu, rasa gatal yang sering ditimbulkan juga bisa membuat jadi terlihat tidak profesional.

Jika kulit kepala kering dan terlihat pecah-pecah, mungkin berencana untuk memberinya pelembab. Namun, hal ini tak berlaku untuk kulit kepala yang berketombe. Biasanya, ketombe justru disebabkan oleh kulit kepala yang terlalu berminyak.

Para pakar dermatologi menjelaskan terkait ketombe atau dendruff, dimana banyak orang yang mengira ketombe adalah akibat dari kulit kepala yang kering. Padahal faktanya, ketombe mulai muncul ketika kulit kepala mengandung banyak minyak dan menyebabkan kulit mati di kepala lebih mudah terkelupas.

Baca Juga:  Polreskab Tasik Ringkus Otak Pelaku Ilegal Loging

Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk mengetahui fakta tersembunyi dari ketombe membandel berikut ini.

Kurangi setres

Padatnya rutinitas kerap menimbulkan stres. Kondisi tersebut rupanya membuat tubuh rentan terkena sejumlah masalah, salah satunya adalah rambut berketombe. Maka dari itu, luangkan sedikit waktu sekadar merelaksasi tubuh dan pikiran. Berkunjung ke beberapa destinasi wisata atau sekadar melakukan hobi di akhir pekan bisa menjadi solusinya.

Diredakan dengan Bahan Alami

Gatal-gatal yang disebabkan oleh ketombe memang membuat diri merasa tidak nyaman. Untuk meredakannya, pulaskan minyak alami secara berkala. Misalnya saja minyak zaitun, rosemary oil atau pun minyak kelapa. Kandungan bahan di dalamnya juga ampuh dalam menutrisi kulit kepala. Dengan begitu, sel kulit kepala tetap lembap dan terhindar masalah kulit kepala kering yang kerap menjadi penyebab ketombe.

Baca Juga:  DLH Sergai: Penambangan Batu Padas Sungai Bahbolon Ilegal

Ketombe tidak hanya di kulit kepala

Serpihan putih yang biasa disebut ketombe tak hanya bisa muncul di kulit kepala, tetapi juga di tempat lain, seperti alis mata, telinga, hidung, atau tempat lain di mana kulit tubuh menghasilkan banyak minyak. Jika Anda mengalaminya, gunakan saja sampo anti ketombe pada bagian-bagian itu saat Anda keramas.

Konsumsi makanan bergizi

Menyantap makanan bergizi yang mengandung vitamin B, zinc dan minyak esensial juga dapat digunakan untuk mengatasi ketombe. Beberapa penanganan yang memiliki kandungan tersebut seperti brokoli, bayam, daging sapi, udang, dan kacang panggang.

Baca Juga:  4 Raperda Tak Kunjung Disahkan, DPRD Purwakarta Tunggu Angpaw?

Ketiga jenis bahan tersebut dapat membantu sel kulit kepala. Selain itu, juga dapat membuat rambut lebih sehat dan terhindar dari masalah rambut berketombe.

Ketombe mungkin menjadi masalah yang tak terelakkan bagi banyak orang. Tidak hanya membuat kepala anda terasa gatal tetapi ketombe juga sangat menganggu aktivitas serta membuat anda kurang percaya diri. Tetapi, jangan putus asa dulu, dengan melakukan perawatan yang benar, memiliki produk perawatan rambut yang tepat, mengkonsumsi makanan yang bergizi dan berolahraga secara teratur seseorang bisa bebas dari masalah ketombe. (Red)