Simak! Inilah Syarat Calon Ketua Ika Unpad

JABARNEWS | BANDUNG – Ikatan Alumni (Ika) Universitas Padjadjaran (Unpad) membuka penerimaan calon ketua Ika Unpad periode 2020-2024. Pendaftaran dibuka mulai 16 Januari-14 Februari 2020.

Sekretaris Jenderal IKA Unpad sekaligus Ketua Panitia Reuni Akbar, Muradi mengatakan, Musyawarah Besar (Mubes) IKA Unpad akan dilaksanakan pada 21 Maret 2020. Sementara Reuni Akbar dan Pemilihan Ketua lkatan Alumni UNPAD akan dilaksanakan pada 4 April 2020.

Dia menyampaikan, pemilihan Langsung Ketua Umum IKA Unpad 2020-2024 akan kembali menggunakan sistem One Man One Vote secara Iangsung di kampus Unpad Dipatiukur, Bandung. Sementara itu, tema besar Reuni Akbar dan Pemilihan Raya IKA Unpad dengan tajuk ‘Hayu Bebarengan Ngapungkeun Unpad’.

“Kegiatan ini diawali Mubes IKA Unpad untuk melaporkan periode empat tahunan. Selain itu merancang panduan dari hasil catatan dan rekomendasi selama pengalaman pengurus selama empat tahun. Targetnya dibentuk GBHN dalam melanjutkan kepengurusan 2020-2024. Dimulai hari ini, sosialisasi proses pendaftaran calon dan puncaknya 4 April 2020 ada Pemilu Raya sekaligus dengan reuni akbar,” kata Muradi dalam Jumpa Pers di Gedung IKA unpad, Rabu (15/1/2020).

Baca Juga:  Datangi Bazar Ramadan, Ni Hyang Enggak Mau Diajak Pulang Ambu Anne, Ada Apa?

IKA Unpad, lanjutnya, juga memiliki tekad untuk terus menghimpun potensi-potensi sumber daya manusia yang kompeten, kompetitif, berkarakter dan produktif, serta beradaptasi dengan kemajuan pembangunan. Muradi memperkirakan, Reuni Akbar dan Pemilu Raya IKA Unpad akan dihadiri oleh 3.000 atau 5.000 alumni di Kampus Unpad Dipatiukur.

“Alasan tema ini sudah saatnya Unpad masuk dalam panggung yang lebih luas. Bukan hanya dikenal di masyarakat regional Jawa Barat saja, tapi harus masuk ke panggung yang lebih besar di kancah nasional dan internasional. Sudah saatnya Unpad bukan hanya jadi milik masyarakat regional Jawa Barat saja tapi juga masyarakat nasional. Kalau pemilihan bahasa Sunda itu karena politik identitas saja tapi esensinya masih sama,” pungkasnya.

Baca Juga:  Bank BJB Raup Laba Bersih di Masa Pandemi Covid-19, Ridwan Kamil: Capaian Ini Membanggakan

Berdasarkan rapat Steering Committee Pemira IKA UNPAD 2020, berikut syarat-syarat bakal calon ketua umum IKA Unpad Periode 2020-2024:

1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang dibuktikan dengan surat pernyataan;

2. Setia kepada Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, cita-cita Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang dibuktikan dengan surat pernyataan;

3. Pernah Kuliah dan/Lulus Diploma, S1, S2, dan S3 di Universitas Padjadjaran, yang dibuktikan dengan Ijazah atau keterangan lainnya yang menyatakan pernah kuliah di Universitas Padjadjaran;

Baca Juga:  Bambang Tirtoyuliono Dorong Partisipasi Pemilu 2024 di Kota Bandung Meningkat

4. Berdomisili di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia;

6. Mampu secara jasmani dan rohani, yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Sehat;

tidak pernah melakukan perbuatan tercela, yang dibuktikan dengan surat pernyataan;

7. Menandatangani Surat Pernyataan yang akan disiapkan oleh Penitia Pemilihan Raya Ikatan Alumni Universitas Padjadjaran;

8. Pencalonan Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Padjadjaran, minimal mendapat dukungan dari 2 (dua) Komisariat Fakultas dan/atau Komisariat Daerah atau mendapat dukungan minimal 250 dukungan alumni yang dibuktikan dengan Kartu tanda Alumni dan Formulir dukungan. Dukungan sebagaimana dimaksud, hanya diberikan kepada 1 (satu) Bakal Calon. (Rnu)