Tim Penggerak SDC Kabupaten Purwakarta Terbetuk, Siap Atasi Pengangguran

Tim penggerak SDC Kabupaten Purwakarta. (Foto: Dok. Disnakertrans Purwakarta).

JABARNEWS | PURWAKARTA – Guna meningkatkan skill SDM yang berdampak pada berkurangnya pengangguran, Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Purwakarta bekerjasama dengan Kementrian Ketenagakerjaan melalui BBPVP menggelar pengukuhan dan capacity building dewan pengarah dan penggerak Skill Development Center (SDC).

Sekretaris Disnakertrans Kabupaten Purwakarta, Wita Gusrianita mengatakan, keberadaan SDC memfasilitasi komunikasi dan koordinasi lintas sektoral para stakeholder dalam merealisasikan kebutuhan dan suplai tenaga kerja di Kabupaten Purwakarta.

Baca Juga:  Lindungi dari Paparan Covid-19, Petugas Lapas Purwakarta Diberikan Multivitamin

“Di dalam SDC terlibat empat kelembagaan sebagai unsur utama pemangku kepentingan peningkatan kompetensi SDM yaitu Academic (Lembaga Diklat), Business (DuDi), Government (Pemerintah) dan Community (Assosisi Profesi) ABG,” ucap wanita yang menjabat Wakil ketua tim penggerak SDC Kabupaten Purwakarta itu pada Sabtu (29/10/2022).

Baca Juga:  Sebuah Mobil Nyaris Ludes Terbakar Gegara Seorang Anak Main Korek Api

Menurut Wita, sinergi semacam ini sangat penting dalam menyelesaikan persoalan ketenagakerjaan. Jika sinergi tercipta, maka dia meyakini masyarakat yang akan mendapat keuntungannya.

Baca Juga:  Tahun Tikus, Indusrti Musik Akan Ada Kemunculan Mirip The Beatles

“Empat unsur inilah yang berperan dan berfungsi sebagai penggerak, promotor, dan fasilitator peningkatan kerja sama, koordinasi, keterpaduan dan sinergitas kebijakan, program dan kegiatan peningkatan kompetensi, profesionalitas dan produktivitas tenaga kerja di Kabupaten Purwakarta,” ungkap Wita.