DPRD Jabar Berharap UMKM Dapat Ikut Dongkrak Pemulihan Ekonomi Gernas BBI

JABARNEWS | BANDUNG – Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat Brigjen TNI (Purn) Taufik Hidayat mengapresiasi, atas diluncurkannya Gernas BBI dan berharap program tersebut dapat mendongkrak pemulihan ekonomi melalui penguatan UMKM.

Program-program penguatan semacam ini sangat dibutuhkan oleh para pelaku UMKM terutama di masa pandemi Covid-19,” kata Taufiq, Senin (5/4/2021).

Diikuti 14.500 UMKM se-Jawa Barat, acara tersebut bertujuan untuk mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional melalui penguatan UMKM.

Baca Juga:  Anggaran Perjalanan Dinas Meningkat, FITRA Curigai Penyelewengan

Digelar selama satu bulan penuh, para peserta yang berasal dari UMKM unggulan Jawa Barat tersebut akan memamerkan produknya di 100 venue yang telah disediakan dengan potensi pembeli mencapai 21 juta orang.

Sementara itu Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki menyatakan, bahwa lebih dari 64 juta UMKM berkontribusi bagi negeri 14 persen terhadap total ekspor non-migas, 60 persen total investasi, 97 persen total penyerapan tenaga kerja, dan 61 persen total PBB nasional.

Baca Juga:  Pemkot Bandung Pastikan Stok Oksigen di Puskesmas Aman

Teten menyebut, pada awal tahun 2020 lahir pelaku UMKM baru sebanyak 12 persen, dan yang hadir dalam ekosistem digital tumbuh pesat, lebih dari 19 persen dengan populasi pelaku usaha sekitar 12 juta UMKM.

Baca Juga:  Libur Lebaran, RSHS Tetap Buka dan Siagakan Pelayanan

“Dengan dasar itulah Pemerintah serta Pemangku kepentingan ekonomi mendorong masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Jawa Barat untuk menggunakan produk hasil UMKM dalam negeri” ucap Teten.

Selain itu dalam kesempatan yang sama, Pemerintah Daerah Provinsi (Pemdaprov) Jabar juga menggelar Pekan Kerajinan Jawa Barat dan Karya Kreatif Jawa Barat 2021 yang didukung penuh oleh Bank Indonesia. (RNU)