Ridwan Kamil Harap Rebana Metropolitan Masuk Daftar Proyek Strategis Nasional

JABARNEWS | BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memaparkan program strategis Rebana Metropolitan di hadapan Menteri PPN/Bappenas RI. Diharapkan Rebana Metropolitan masuk dalam daftar proyek strategis nasional.

Dalam paparannya, Ridwan Kamil menyatakan Rebana Metropolitan sebagai sebuah konsep futuristik pendorong terbesar ketiga pertumbuhan ekonomi nasional.

Baca Juga:  PT Jasa Marga Umumkan Tarif Terbaru Tol Cipularang dan Purbaleunyi

Rebana Metropolitan berpotensi menopang laju pertumbuhan ekonomi Jabar hingga 7,13 persen, dengan penyerapan tenaga kerja 4,39 juta orang dan proyeksi investasi 7,77 persen pada 2030.

Menurut Ridwan Kamil, mesin pertumbuhan Rebana Metropolitan akan berada di kawasan Pelabuhan Patimban di Subang, Bandara Kertajati (BIJB) di Majalengka, dan Cirebon.

Baca Juga:  Mau Makan Bakso Banyak Lalat, Dedi Mulyadi Lalu Bawa 10 Dump Truk

“Ini akan membantu (ekonomi) nasional. Sehingga saya berharap tim dari Bappenas menjadi quality control dalam pengembangan kawasan strategis Rebana ini,” kata Ridwan Kamil saat rakor virtual Penajaman Rencana Proyek Prioritas Strategis dari Hotel Resinda, Kabupaten Karawang, Rabu (24/2/2021).

Baca Juga:  Kadinkes Sergai Halangi Bupati Soekirman Saat Ingin Jawab Pertanyaan Jurnalis Soal Banjir

Jika Rebana Metropolitan didukung Pusat, Ridwan Kamil optimistis Jabar dapat menyumbang 1 persen pertumbuhan nasional.

“Saya menawarkan (proyek strategis). Kalau mesin pertumbuhan ini dipakai, kita keroyok sama-sama sehingga menghasilkan persentase meningkat di 13 wilayah strategis nasional Cirebon, Patimban dan Rebana,” jelasnya. (RNU)