Bulutangkis Olahraga Efektif Pada Masa Pandemi

Penulis: Rahma Dwi Amalia (Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang)

Corona atau yang disebut juga dengan Covid-19 merupakan sebuah virus yang telah menyebar ke hampir seluruh belahan dunia termasuk Indonesia yang umumnya menyerang banyak orang. Akibatnya banyak warga Indonesia yang terpapar Covid-19 dan lebih banyak lagi yang meninggal.

Covid-19 ini umumnya menyerang saluran pernapasan dan menyebabkan penyakit infeksi saluran pernapasan. Sudah seharusnya kita mematuhi protocol kesehatan yang sudah ditentukan pemerintah. Protocol kesehatan ini bertujuan agar kita terhindar dari paparan Covid-19 ataupun agar dapat meminimalisir bertambahnya kasus yang ada.

Ada beberapa hal yang bisa membuat kita terpapar covid-19, salah satunya yaitu tidak mau berolahraga dan menciptakan hidup sehat. Olahraga atau aktivitas fisik merupakan hal yang sangat penting dimasa pandemic seperti sekarang ini.

Olahraga dapat membuat imun kita menjadi baik dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap suatu penyakit. Olahraga yang dianjurkan ialah dengan intensitas sedang. Olahraga intensitas tinggi tidak dianjurkan dilakukan karena bisa menurunkan imunitas tubuh.

Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya, bahwa olahraga yang dianjurkan dalam masa pandemic adalah olahraga dengan intensitas sedang yang bisa dilakukan didalam maupun diluar ruangan. Nah, salah satu olahraga yang bisa dilakukan dimasa pandemic seperti ini adalah bulutangkis, karena bulutangkis adalah olahraga yang masih digemari banyak orang dan menjadi olahraga alternatif. Tak sedikit orang masih memilih bermain bulutangkis ditempat indoor dengan tetap menjaga protocol kesehatan yang ada. Bulutangkis merupakan salah satu olahraga yang efektif karena mudah ditemukan dimana saja dan tidak jarang sebagian orang mempunyai alatnya untuk bermain.

Baca Juga:  Tiga Tempat Terpanas Di Dunia, Suhunya Sampai 55 Derajat Celcius

Menurut saya, bulutangkis merupakan salah satu olahraga yang aman karena para pemain menjaga jarak dan tidak ada kontak fisik berlebih. Dalam bermain bulutangkis kontak fisik secara langsung atau dekat jarang terjadi. Jadi sebenarnya resiko jauh lebih kecil daripada bermain futsal atau sepak bola. Meskipun begitu, para pemain harus tetap membawa masker dan hand sanitizer. Apabila saat bermain bulutangkis para pemain merasa kesulitan bernafas, maka masker bisa dilepas. Lalu saat selesai bermain bulutangkis masker bisa dipakai kembali. Jangan lupa sebelum dan sesudah olahraga agar selalu memakai hand sanitizer agar terhindar dari virus.

Baca Juga:  Perangi Narkoba Mulai Dari Keluarga

Selain digemari dan menjadi olahraga alternatif pada saat pandemic, bulutangkis juga memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh kita. Manfaatnya antara lain :

  1. Menjaga kebugaran dan menurunkan berat badan. Bulutangkis merupakan olahraga yang bisa membantu menguatkan otot jantung yang bisa membuat darah mengalir lebih banyak dan cepat. Hasil akhirnya ialah membuat metabolisme lebih efektif dan membakar lemak lebih banyak.
  2. Menghilangkan stress Bulutangkis tidak hanya memberikan manfaat secara fisik, tapi psikologis juga, salah satunya yaitu menghilangkan stress. Dengan kita bermain bulutangkis tubuh akan memproduksi hormone endorphin yang bisa menghilangkan tekanan dalam diri dan bisa menghilangkan rasa khawatir maupun stress. Olahraga juga bisa meningkatkan hormone serotonin sehingga bisa menimbulkan perasaan senang dan menambah nafsu makan.
  3. Melindungi diri dari penyakit. Olahraga bulutangkis bila dilakukan secara rutin bisa mencegah terjadinya tekanan darah tinggi, jantung, obesitas dan masih banyak lagi

Seperti yang sudah dijelaskan tadi. Selain fisik, pandemic ini bisa juga mengancam kesehatan mental kita. Karena efek yang ditimbulkan sangat banyak. Karena pandemic kita tidak bisa keluar rumah dengan bebas, hanya bisa didalam rumah saja, tugas sekolah, kuliah ataupun kantor dikerjakan secara online yang semakin membuat stress. Semua hal berubah 180° yang membuat kita sulit untuk beradaptasi dengan baik. Tapi kita harus sadar dan tidak boleh terpuruk terlalu lama. Dengan merubah pola pikir, beradaptasi dengan lingkungan, menerapkan pola hidup sehat dan olahraga dengan rutin. Maka kita bisa tetap mengendalikan diri dengan baik.

Baca Juga:  Kasus Positif COVID-19 Meningkat Tajam, Jawa Barat Terdepan

Pada akhirnya, banyak sekali manfaat apabila kita rajin berolahraga. Menurut saya olahraga juga bisa membuat umur kita lebih panjang. Apabila kita bisa memiliki umur panjang, maka kita juga bisa bisa menikmati hidup dengan orang tersayang lebih lama lagi, bisa bermain dengan cucu lebih lama, bisa menonton serial tv kesukaan lebih lama, bisa ngobrol bercanda tawa dengan pasangan ataupun keluarga lebih lama dan hidup pasti akan terasa lebih bermakna. (*)

Isi tulisan ini sepenuhnya tanggung jawab penulis