Kartini dan Emansipasi Wanita

JABARNEWS | KARIKATUR – Tangal 21 April ini bangsa Indonesia memperingati Hari Kartini, sosok wanita yang tidak lepas dari topik emansipasi wanita. Usaha Kartini dalam memperjuangkan kaum wanita untuk mendapatkan hak yang sama dengan kaum pria patut diapresiasi, Hari Kartini menjadi momen di mana bangsa ini mengenang kembali perjuangan Kartini dalam emansipasi.

Baca Juga:  Dua Mobil Tangki Pertamina Dibajak Dilarikan Menuju Istana

Salah satu wujud sederhana dari emansipasi, yakni kaum wanita lebih mandiri dengan tidak terlalu menggantungkan diri pada kaum pria.

Namun demikian, emansipasi tidak semata berfokus pada kesetaraan antara hak antara laki-laki dan perempuan dalam segala bidang. Emansipasi mempunyai makna tentang bagaimana seorang wanita dapat bekembang maju tanpa menghilangkan jati dirinya.

Baca Juga:  Indonesian Music Awards 2023 Segera Hadir Kembali, Vote Sekarang!

Dengan memahami makna emansipasi tersebut, kaum hawa diharapkan turut memberi manfaat bagi masyarakat dan negara.

Di masa saat sekarang ini, tidak sedikit kaum wanita yang berprofesi dan berperan penting bagi orang banyak. Di pandemi Covid-19, kaum wanita yang berprofesi sebagai tenaga medis dan perawat berada di garda terdepan. Mereka berjuang dalam penanganan masalah pandemi Covid-19 tanpa kenal lelah. (Dod)

Baca Juga:  Bogor Kota Sejuta Angkot Akan Jadi Tinggal Kenangan