BMKG: Waspada Rob Akhir Pekan Ini

JABARNEWS | JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat di wilayah pesisir utara dan sebagian pesisir selatan Pulau Jawa untuk mewaspadai potensi rob.

Banjir akibat gelombang pasang laut itu diperkirakan datang pada Jumat-Minggu 19-21 Juni, termasuk di Jakarta Utara.

“Masyarakat diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan dan upaya mitigasi terhadap potensi bencana banjir pesisir,” kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Mulyono R. Prabowo, dalam keterangannya, Rabu (17/6/2020).

Baca Juga:  Ini 8 Capaian Reformasi Birokrasi Ditjen PPKTrans Kemendesa PDTT

Dia merinci, banjir berpotensi di wilayah pesisir utara Pulau Jawa meliputi utara Jakarta, Pekalongan, Semarang, Demak hingga beberapa wilayah di pantai utara Jawa Timur. Potensi rob juga berpeluang terjadi di sebagian pesisir selatan Pulau Jawa, Pulau Bali, hingga Nusa Tenggara.

Baca Juga:  Walah, Pelaku Usaha di Majalengka Kena Denda 1-10 Juta Karena Langgar Prokes

Peringatan ini mengingatkan pada awal bulan ini saat sejumlah daerah di Pulau Jawa juga terendam akibat rob. Saat itu beberapa wilayah terdampak di antaranya pantai utara Jawa termasuk beberapa titik di wilayah Jakarta dan Banten.

Sedang Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Raditya Jati mengatakan Pusat Pengendalian Operasi BNPB memantau dampak yang sama saat itu di beberapa wilayah kabupaten/kota di Jawa Tengah. Ketinggian muka air disebutnya beragam di beberapa wilayah. Di Kabupaten Kebumen di pantai selatan Jawa, misalnya, rob sekitar 2,5 sampai 6,0 meter. (Ara)

Baca Juga:  Kota Bandung Kembali Masuk Zona Orange Covid-19, Ini Kata Pengamat