Buat yang Suka Nyinyir Seperti Bu Tejo di Film Tilik, Lakukan Hal Ini

JABARNEWS | BANDUNG – Akting Bu Tejo yang selalu nyinyir dengan kehidupan Dian dalam film pendek Tilik (2018) menjadi perbincangan hangat di media sosial. Bu Tejo diperankan oleh Siti Fauziah Saekhoni.

Karakternya yang senang bergosip dengan ciri khas omongan pedas sukses menyita perhatian masyarakat. Karakter itu dianggap mewakili sejumlah perempuan di kampung yang senang bergosip.

Jika diamati, nyinyir kira-kira dapat diartikan sebagai sifat seseorang yang gemar memberikan komentar negatif. Komentar negatif itu dipicu berbagai hal yang dialami atau dimiliki oleh orang lain.

Baca Juga:  Ingat! Hindari Ini Selama Operasi Patuh Toba 2020 di Deli Serdang

Biasanya komentar negatif itu didasari oleh rasa iri, karena ketidakmampuan untuk mengalami atau memiliki hal yang ditampilkan orang lain. Nyinyir biasanya sering terjadi di dunia maya, terutama media sosial.

Menurut penjelasan dr. Karin Wiradarma di Klikdokter.com, nyinyir bukanlah suatu gangguan kejiwaan. Nyinyir murni merupakan variasi dari sifat manusia.

Namun, terang dia, nyinyir bisa jadi merupakan salah satu sifat dari orang yang mengalami gangguan kejiwaan, seperti gangguan kepribadian atau bipolar.

Baca Juga:  Presiden Jokowi Ingin Masalah Rempang Siselesaikan Secara Kekeluargaan

Apabila seseorang mudah nyinyir, dia harus mengubahnya sesegera mungkin. Jangan biarkan sifat nyinyir tersebut hinggap berlarut-larut lalu menjadi keperibadian.

Bersihkan aura negatif dari dalam diri, dan masukkan semua hal positif ke dalam diri. Bersyukur atas segala hal yang dimiliki, yang paling sederhana sekalipun, bisa menjadi pengobatnya

Selain itu, berhentilah membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain. Daripada mengomentari orang lain, lebih baik mencari kesibukan yang bersifat positif.

Baca Juga:  Beredar Isu Uang Pensiun PNS Telat Dibayar

Misalnya, dengan mengikuti komunitas yang sesuai hobi atau bergabung di kegiatan sosial. Aktivitas ini dapat mengalihkan pikiran negatif dan tentunya membuat hidup menjadi lebih bahagia.

Meskipun kebiasaan nyinyir bukanlah bentuk dari gangguan kejiwaan, orang yang mengidap gangguan kepribadian atau bipolar kerap melakukannya.

Nah, bila Anda sering nyinyir dan sulit mengendalikannya, cobalah untuk memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan diagnosis yang tepat. (Red)