Kemkes Imbau Tak Gunakan Nitrogen Cair untuk Pangan Siap Saji

Chiki Ngebul
Jajanan Chiki Ngebul. (Foto: Liputan 6).

JABARNEWS | JAKARTA – Kementerian Kesehatan (Kemkes) mengimbau para pelaku usaha untuk tidak menggunakan nitrogen cair pada pangan siap saji terutama pada jajanan.

Kemkes juga telah menerbitkan surat edaran tentang Pengawasan Terhadap Penggunaan Nitrogen Cair pada Produk Pangan Siap Saji per tanggal 6 Januari 2023.

Baca Juga:  Soal Tudingan Ijazah Palsu, Gibran: Lucu-lucuan...

“Sesuai dengan surat edaran Kementerian Kesehatan, maka kita saat ini adalah merekomendasikan tidak menggunakan nitrogen cair pada pangan siap saji terutama untuk di jajanan,” kata Direktur Penyehatan Lingkungan (PL) Kemkes Anas Ma’ruf dalam konferensi pers virtual Kewaspadaan Nitrogen Cair Pada Pangan Siap Saji di Jakarta, Kamis (12/1/2023).

Baca Juga:  Resmi Dilantik Moeldoko, Kenalkan Inilah Lima Sosok Deputi Baru KSP

“Saat ini kejadiannya baru sporadis masih di beberapa tempat yang tersebar sehingga yang kita utamakan adalah bagaimana melakukan kewaspadaan. Sasaran kita adalah selain edukasi untuk masyarakat kemudian juga edukasi kepada pelaku usaha,” tambahnya.

Baca Juga:  DPR RI Minta Pemerintah Turun Langsung Awasi Jajanan Chiki Ngebul

Penambahan nitrogen cair pada produk pangan siap saji yang tidak sesuai prosedur dapat memicu keracunan pada konsumen. Salah satu dampak kesehatan adalah nitrogen cair bisa menyebabkan radang dingin dan luka bakar terutama pada beberapa jaringan lunak seperti kulit.