Sembilan Parpol Terancam Gagal Masuk Parlemen

JABARNEWS | JAKARTA – Sembilan partai terancam gagal masuk parlemen karena memiliki elektabilitas di bawah 4 persen. Itu terdiri dari partai baru dan partai lama.

Sementara itu, hanya ada 7 partai yang diperkirakan bisa lolos. Semuanya diisi oleh partai lama atau partai yang sudah pernah mengikuti kontestasi pemilu.

Sembilan partai yang terancam tidak masuk parlemen yaitu Perindo 3,6 persen; PPP 3,5 persen; PAN 1,5 persen; Hanura 0,5 persen; PSI 0,4 persen; partai Garuda 0,3 persen; partai Berkarya 0,1 persen; Partai Bulan Bintang 0,0 persen; dan PKPI 0,0 persen.

Baca Juga:  Terduga Pelaku Teror Itu Mahasiswa UPI

Fakta itu terlihat berdasarkan hasil survei terbaru Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, pada 18-25 Januari 2019 di 34 provinsi dengan 1.200 responden. Survei ini menggunakan metode multistage random sampling ditambah wawancara tatap muka. Margin of error survei di angka 2,8 persen.

Baca Juga:  Bicara Soal Korupsi. UU: Harus Semakin Menguatkan Keimanan

Peneliti LSI, Rully Akbar mengatakan, untuk posisi teratas masih diisi oleh partai yang sama dari survei-survei sebelumnya.

“Jika pemilu dilaksanakan hari ini, maka yang akan menjadi juara Pileg adalah PDIP dengan suara 23,7 persen. Di runner up ada Gerindra dengan 14,6 persen dan posisi ketiga Golkar dengan 11,3 persen,” kata Rully, di kantor LSI Rawamangun, Jakarta Timur, Rabu (20/2/2019), dikutip detikcom.

Baca Juga:  Tabrakan Maut Mobil Pick Up Vs Sepeda Motor, 1 Orang Mahasiswa Tewas

Selain itu, empat partai lain yang diperkirakan lolos yaitu, PKB 8,2 persen; Partai Demokrat 5,4 persen; NasDem 4,5 persen; dan PKS 4,0 persen.

“Masih ada yang menyatakan tidak tahu, tidak menjawab atau belum memutuskan di angka 18,4 persen,” ujar Rully. (Des)

Jabarnews | Berita Jawa Barat