Ibu Kota Kaji Usulan PSBB Awal dan Lockdown di Akhir Pekan

JABARNEWS | JAKARTA – Ahmad Riza Patria, Wakil Gubernur DKI Jakarta mengatakan saat ini sedang mempertimbangkan ulang mengenai usulan epidemiolog untuk penerapan PSBB.

“Kami selalu mempertimbangkan masukan-masukan, apalagi dari epidemiolog. Saya kira pemerintah pusat juga sedang mempertimbangkan banyak hal termasuk dimungkinkan atau tidaknya PSBB diperketat,” kata Riza pada Kamis (4/2/2021).

Anggota Komisi IX Fraksi PAN, Saleh Partaonan mengusulkan untuk menerapkan lockdown di akhir pekan karena PSBB dan PPKM belum maksimal.

Baca Juga:  Pemkab Karawang Bentuk Tim Kompensasi Terdampak Tumpahan Minyak Pertamina

Bahkan orang yang terpapar semakin banyak dan jumlahnya melebihi 1 juta orang.

“Berkenaan dengan itu, sebaiknya pemerintah mencari alternatif kebijakan lain. Salah satu di antaranya adalah menerapkan kebijakan lockdown akhir pekan. Diyakini, lockdown akhir pekan dapat menurunkan dan menekan laju penyebaran virus corona,” kata Saleh pada Sabtu(30/1/2021)

Baca Juga:  Tabrakan Di Tol, Wakil Ketua DPRD Kota Banjar Meninggal Dunia

Namun, Riza mengatakan usulan mengenai wacana lockdown di akhir pun sedang di kaji.

“Namun demikian semua usulan itu akan dikaji didiskusikan diteliti dibahas. Kami sendiri membahas masukan-masukan siapa aja, termasuk pemerintah pusat,” katanya.

Menurut Riza hal yang terpenting saat ini yaitu tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan saat melakukan kegiatan di luar rumah.

Baca Juga:  Wagub Jabar Ajak Warga Gunakan Kereta Api saat Bepergian, Ini Alasannya

“Yang boleh keluar rumah bagi mereka yang berkepentingan sangat penting dan genting. Terlebih bagi anak-anak di usia 9 tahun ke bawah dan 60 tahun ke atas kita minta untuk tetap berada di rumah apapun yang terjadi,” pungkas Riza.

Penulis : Hilmi Ananda