KAI Sebut Layanan GeNose Kini Sudah Tersebar di 14 Stasiun

JABARNEWS | JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI menambah dua stasiun yang menyediakan layanan pemeriksaan Genose yaitu Stasiun Jember dan Stasiun Ketapang sejak Rabu (10/3). Dengan penambahan itu, saat ini 14 stasiun KAI menyediakan layanan Genose.

Layanan Genose sudah tersedia di Stasiun Pasar Senen, Gambir, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, Purwokerto, Yogyakarta, Solo Balapan, Madiun, dan Surabaya Pasar Turi, Surabaya Gubeng, dan Malang.

Baca Juga:  Awak Bus Di Purwakarta, Di Tes Urine

“Penambahan stasiun yang melayani pemeriksaan GeNose C19 ini dalam rangka meningkatkan pelayanan bagi pelanggan di masa pandemi Covid-19,” kata VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam pernyataan tertulisnya, Kamis (11/3/2021).

Joni memastikan, stasiun yang melayani pemeriksaan Genose akan ditambah secara bertahap. Hal tersebut dilakukan untuk mendukung kebijakan pemerintah terkait persyaratan naik KA jarak jauh sesuai Surat Edaran (SE) Satgas Covid-19 Nomor 7 tahun 2021 dan SE Kemenhub Nomor 20 Tahun 2021.

<iframe width=”560″ height=”315″ src=”https://www.youtube.com/embed/Vo4F8iHZcRY” frameborder=”0″ allow=”accelerometer; autoplay; clipboard-write; encrypted-media; gyroscope; picture-in-picture” allowfullscreen></iframe>

Dia menambahkan, pemeriksaan Genose di stasiun merupakan hasil kerja sama KAI dengan PT Rajawali Nusindo dan Universitas Gadjah Mada. Untuk dapat melakukan pemeriksaan tersebut, calon penumpang harus memiliki tiket atau kode booking KA jarak jauh yang sudah lunas, serta tidak boleh merokok, makan, minum kecuali air putih selama 30 menit sebelum melaksanakan tes.

Baca Juga:  PMII Purwakarta Berharap Bapenda Transparan Terkait PAD

“Tarif untuk melakukan pemeriksaan Genose di stasiun saat ini adalah Rp 20 ribu,” tutur Joni. (Red)