Survei SMRC: PKB Masuk 4 Besar, Ungguli Demokrat dan PKS

JABARNEWS | BANDUNG – Lembaga penelitian Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil survei terbaru. Salah satunya menyoroti elektabilitas partai politik di Pemilu 2024.

Manajer Program SMRC Saidiman Ahmad menuturkan, dari hasil penelitiannya, PDIP meraih elektabilitas tertinggi dalam Pemilu 2024. 

“Kita menemukan bahwa Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) masih di urutan pertama dengan perolehan 25,9 persen,” kata Saidiman dalam konferensi pers secara daring, Minggu (13/6/2021).

Baca Juga:  Bus AKAP Sudah Beroperasi, Terminal Ciganea Bisa Layani Tujuan ke Jakarta

Di bawah PDIP, ada Partai Gerindra lalu Partai Golkar. Setelah itu, PKB masuk di posisi empat besar di bawah Partai Golkar.

“Kemudian disusul nomor dua kita agak sulit menentukan karena selisih angka di bawah margin of error, yaitu Partai Gerindra 10,9 persen, Partai Golkar 10,7 persen, dan PKB 9,7 persen,” jelas Saidiman.

Baca Juga:  Geger Kesurupan Massal, Karyawan Pabrik di Purwakarta Berteriak Histeris

Selanjutnya ada Demokrat 6,6 persen, PKS 4,6 persen, NasDem 3,7 persen, PPP 2,6 persen, PAN 1,8 persen, Perindo 1 persen. Sementara partai lainnya berada di bawah 1 persen.

“Kalau kita bandingkan dengan hasil pemilu 2019, nampaknya yang mengalami peningkatan cukup signifikan itu hanya PDI Perjuangan. Ada Golkar dan Gerindra di posisi kedua yang bersaing cukup ketat,” kata Saidiman.

Baca Juga:  Heboh! Puan Maharani Matikan Mic Politikus Demokrat Saat Interupsi

Adapun survei dilakukan dengan metode random (multistage random sampling) pada 1220 responden. Margin of error ± 3,05% pada tingkat kepercayaan 95%. Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka pada 21-28 Mei 2021. (Red)