Bansos Tunai Pandemi Covid,Mulai Dibayarkan Bulan Juli Ini

JABARNEWS | BANDUNG – Pemerintah melalui Kementerian Sosial RI mulai bulan Juli 2021 ini akan menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) untuk masa pandemi Covid-19.

BTS senilai Rp. 300 ribu per bulan itu akan disalurkan untuk pembayaran bulan Mei dan Juni 2021. Sehingga KPM akan langsung mendapatkan jatah 2 bulan yaitu Rp 600 ribu.

Guna memperlancar pemberian bantuan tersebut, PT Pos Indonesia (Persero) kembali dipercaya untuk proses pendistribusian.

Baca Juga:  Cegah Banjir di Kota Bandung, Ini Pesan Oded Untuk Aparat Kecamatan Hinggga Kelurahan

PT Pos Indonesia menyatakan, sebanyak 21 ribu Insan Pos se-Indonesia dikerahkan untuk mengoptimalkan penyaluran BST. Seluruh petugas Pos Indonesia yang mengemban tugas distribusi BST di seluruh Indonesia tersebut.

Direktur Utama PT Pos Indonesia (Persero) Faizal R Djoemadi mengatakan BST yang telah siap dibayarkan adalah bagi 2,635,630 KPM. Sedangkan total penerima BST di seluruh Indonesia sebanyak 10 juta KPM yang terdata di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Baca Juga:  Wisata Curug Cikanteh Sukabumi, Tempat Cocok Untuk Trekking

Selain BST, pemerintah juga berencana mempercepat penyaluran bantuan lainnya. Antara lain adalah Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Percepatan penyaluran bansos dibutuhkan dalam kondisi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat saat ini.

Sekretaris Perusahaan PT Pos Indonesia (Persero) Tata Sugiarta menyatakan bahwa Pos Indonesia sebagai BUMN yang fokus dalam pelayanan publik terus berkomitmen memberikan layanan terbaik kepada pelanggan dan masyarakat di tengah pandemi saat ini.

Baca Juga:  Cabup Dedi- Budi Programkan Sekolah Gratis Di Subang

Terkait BST, dia menambahkan, bahwa kepercayaan yang diberikan oleh pemerintah tak terlepas dari keberhasilan kinerja penyaluran BST 2020 yang sebesar 97,14 persen. Sedangkan Bansos Pemerintah Provinsi dan Kabupaten dengan kinerja penyaluran mencapai 96 persen.

Pada 2021 ini dengan moto ‘Bersatu dan Bangkit’ Pos Indonesia berusaha mencapai penyaluran secara sempurna 100% sesuai dengan target yang diberikan oleh Kemensos.(Red)