Pejalan Kaki dari Wonosobo ke Jakarta Dapat Sepeda dari Presiden

JABARNEWS | BANDUNG – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memberikan hadiah sepeda kepada Mahmudin (63), seorang pejalan kaki asal Wonosobo, Jawa Tengah. 

Hadiah sepeda dari Jokowi itu diberikan oleh Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko. Mahmudin nekat berjalan kaki sejauh 470 kilometer dari rumahnya di Wonosobo ke Istana Merdeka, Jakarta. 

Aksi ini ditempuh dalam kurun waktu 8 hari 9 malam. Aksi tak lazim ini dilakukan untuk menyambut HUT Kemerdekaan RI ke 76 di Istana Merdeka. 

Baca Juga:  Ini Indikator Penilaian Lomba Desa

“Ini bukan yang pertama kali dilakukan Pak Mahmudin. Jadi Presiden memberikan apresiasi kepada beliau atas semangatnya merayakan kemerdekaan,” ujar Moeldoko, dalam rilis yang diterima Jumat (20/8/2021).

Selain memberikan hadiah berupa sepeda, menurut Moeldoko, Presiden Jokowi juga memberikan bingkisan kemerdekaan kepada Mahmudin. 

Warga Dusun Gandoran, Desa Mlandi, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah tersebut mendatangi Istana dengan sejumlah atribut seperti bendera Merah Putih dan pakaian adat khas Jawa Tengah. 

Baca Juga:  Bedakan Kritikus dan Radikalisme, Dedi Mulyadi: Jangan Sembarangan Menuduh

Bagi Mahmudin, aksi jalan kaki Wonosobo-Istana Negara bukan yang pertama kali. Mahmudin sudah empat kali melakukan jalan kaki ke Istana setiap tanggal 17 Agustus sejak 2017, 2019, 2020 dan tahun ini. 

Di tahun 2018, Mahmudin melakukan aksi yang berbeda berupa bersepeda Wonosobo-Jakarta. “Semangat Pak Mahmudin sejalan dengan semangat ketangguhan bangsa ini,” ujar Moeldoko.

Baca Juga:  Jasa Marga Lanjutkan Pemeliharaan Jalan Tol Japek, Cek Waktunya!

Pada kesempatan sama, Moeldoko juga menegaskan beberapa hal penting tentang upaya pemerintah sekuat tenaga untuk menangani pandemi. 

Namun, kata dia, Presiden Joko Widodo juga tetap memperhatikan sejumlah program besar lainnya. 

Moeldoko mencontohkan penangananan korupsi dalam Stranas PK dan membangun sistem perizinan berusaha yang terintegrasi secara elektronik atau Online Single Submission (OSS). (Red)