Sempat Gagal, Budidaya Udang Vaname Di Cirebon Kini Bisa Panen 1 Ton

JABARNEWS | CIREBON – Senyum merekah terlihat dibibir Angga, pria ini merupakan Ketua Kelompok Budidaya Udang Vaname Segara Biru, Desa Citemu Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon, yang merupakan mitra binaan Cirebon Power.

Bukan hal yang mudah untuk bisa mencapai keberhasilan ini. Kelompoknya, sempat mengalami kegagalan hingga dua kali. Beruntung, untuk ketiga kalinya, ia bersama rekan-rekan di kelompoknya, bisa merasakan panen yang cukup besar.

“Alhamdulillah, sekarang bisa panen. Senang sekali, “kata Angga saat dimintai keterangan. Kamis (09/08/2020).

Ia mengaku, keberhasilan budidaya ini, salah satunya berkat andil dan dukungan dari Cirebon Power, kata dia, mereka sangat maksimal dalam memberikan dukungan, baik itu dari segi fasilitas, maupun memberikan pendampingan kepada tim ahli.

Baca Juga:  Cek Disini! 30 Perusahaan Buka Lowongan Kerja di Job Fair Kota Bandung

Dengan memanfaatkan tambak seluas 50 x 12 meter yang berlokasi tak jauh dari pembangkit Cirebon Power, Angga bersama sejumlah anggota lainnya membudidayakan benur udang vaname sebanyak 70 ribu benih.

“Kami dan teman-teman hanya memanfaatkan lahan seadannya, tapi karena konsentrasi dari teman-teman dalam budidaya benur udang, hasilnya sangat memuaskan,” katanya.

Setelah dibudidaya selama tiga bulan, hasil tambak tersebut akhirnya bisa berhasil dipanen. Udang hasil panennya pun langsung dipesan oleh pedagang.

Baca Juga:  DPR RI Bingung MK Ubah Masa Jabatan Pimpinan KPK Jadi Lima Tahun, Sahroni: Ajaib dan Nyata!

“Langsung dipesan oleh pedagang dari Indramayu. Udangnya langsung diangkut setelah panen. Hasil panennya sekitar satu ton,” kata Angga.

Dirinya juga mengucapkan terima kasih, kepada Cirebon Power, atas dukungan yang telah diberikan, sehingga akhirnya bisa berhasil melakukan budidaya udang vaname.

“Saya ucapkan banyak terima kasih kepada Cirbeon Power, atas bantuan dan dukungannya selama ini,” kata Angga.

Sementara itu, dikatakan senior Corporate Affairs Manager Cirebon Power, Yusuf Arianto. Ia mengaku ikut bangga dengan berhasilnya panen budidaya udang vaname ini.

“Kami memang memiliki program, untuk mengembangkan mata pencaharian masyarakat. Salah satunya, adalah dukungan terhadap budidaya udang vaname,” katanya.

Baca Juga:  Info Penting Bagi Orang Tua Soal Stunting

Dukungan yang diberikan, salah satunya adalah pembiayaan dan pinjaman dana bergulir. Dimana dana bergulir ini, ketika sudah dibayarkan, maka akan kembali digunakan untuk mendukung kegiatan ini kembali.

“Nanti, uangnya akan kembali digulirkan untuk mendukung kegiatan ini,” katanya.

Ia juga berharap, budidaya ini bisa berkembang dan bisa menambah jumlah tambak yang digunakan. Dan kedepanya Kelompok ini bisa berbagi pengalaman kepada masyarakat lainnya.

“Kami berkomitmen untuk terus memberikan dukungan terhadap budidaya ini, guna meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di sekitar pembangkit, “katanya. (CR2)