Sri Mulyani Klaim Indeks Ketimpangan Ekonomi Turun pada Tahun 2023

Karikatur Menteri Keuangan Sri Mulyani. (Dodi/JabarNews)

JABARNEWS | BANDUNG – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengklaim bahwa kinerja fiskal tetap terjaga di tengah berbagai tantangan ekonomi global.

Dia mengatakan bahwa salah satunya ditunjukkan dengan indikator ketimpangan ekonomi antarwilayah (indeks Theil) yang turun menjadi 0,148 pada tahun lalu.

Baca Juga:  Sri Mulyani Heran Utang RI ke IMF Diungkit Lagi: Kok...

“Dalam kondisi dunia yang makin menantang seperti volatilitas komoditas, higher for longer, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) terus menjaga kinerja fiskal secara optimal dalam tiga area tanggung jawab, yakni collecting more, spending better, serta prudent dan innovative financing,” kata Sri Mulyani di Jakarta, Senin (10/6/2024).

Baca Juga:  Pria Deli Serdang Tega Tikam Teman Sendiri, Ternyata Ini Penyebabnya

Selain adanya perbaikan indikator ketimpangan ekonomi antarwilayah, kinerja positif Kemenkeu dalam aspek spending better juga terlihat dalam penyerapan anggaran kementerian/lembaga (K/L) yang mencapai 94,37 persen.

Baca Juga:  [HOAKS] Prabowo Siap Lepas Gibran Jika Sri Mulyani Beberkan Data Menhan

Dri Mulyani menjelaskan, terkait aspek collecting more, penerimaan negara pada 2023 semakin meningkat. Penerimaan dari sektor perpajakan mencapai Rp2.154,2 triliun, sedangkan dari sektor Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) mencapai Rp612,5 miliar.