Berikut Manfaat Makan Pisang, Salah Satunya Merawat Kulit Anda

JABARNEWS | BANDUNG – Pisang adalah buah yang dikenal luas di Indonesia. Buah pisang bisa dinikmati dengan berbagai cara dimakan langsung, digoreng, dikukus, atau diolah bersama bahan lain. Tapi pisang tidak hanya enak, manfaatnya banyak.

Dilansir dari laman Live Science, karena kandungan vitamin B6-nya, pisang diketahui mampu meredakan peradangan, menurunkan risiko diabetes tipe 2, membantu penurunan berat badan, mendukung dan menguatkan sistem saraf, serta menunjang produksi sel darah putih.

Disamping itu, buah pisang pun mempunyai antioksidan tinggi yang dapat melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Molekul radikal bebas ini bisa terbentuk dari polusi udara, sinar matahari, produk kimia yang Anda pakai, hingga proses metabolisme di dalam tubuh.

Baca Juga:  Tolak PPPK, Honorer K2 Keukeuh Minta Jadi PNS

Dilansir dari berbagai sumber berikut manfaat buah Pisang bagi tubuh:

1. Membantu mengontrol tekanan darah pada penderita hipertensi – Kalium yang terkandung dalam buah pisang dapat membantu mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit sehingga tekanan darah tetap stabil. Sedangkan serat bahan pangan pada pisang mampu mengikat lemak dan pada akhirnya mencegah pembentukan plak.

Plak bisa menyempitkan bahkan menyumbat pembuluh darah serta menyebabkan tekanan darah meningkat. Dengan begitu, mengonsumsi pisang bisa membantu Anda terhindar dari risiko stroke dan penyakit jantung.

2. Sumber energi dan mampu meningkatkan stamina – Tidak perlu mengonsumsi minuman berenergi, cukup makan pisang sebelum Anda berolahraga. Buah pisang kaya akan vitamin dan serat. Jika dibanding dengan apel, pisang mengandung karbohidrat 2 kali lipat lebih banyak.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Hari Ini Senin 7 November 2022 Aries, Taurus dan Gemini

Selain itu pisang juga kaya magnesium dan kalium yang penting bagi tubuh untuk tetap bugar ketika beraktivitas dan berolahraga. Plus, makan pisang juga dapat membantu otot-otot Anda bergerak dengan baik.

3. Mendukung program diet – Untuk Anda yang sedang melakukan program menurunkan berat badan, pisang cocok sekali dijadikan camilan sehat. Apalagi, buah ini memiliki kandungan lemak yang rendah.

Karena indeks glikemik-nya juga terbilang rendah, karbohidrat kompleks pada pisang tidak akan membuat kadar gula dalam darah meningkat drastis dan tiba-tiba.

Makanan tinggi serat bisa memperlambat proses pencernaan sehingga membuat Anda kenyang lebih lama dan makan dalam jumlah yang lebih sedikit. Hasilnya, berat badan Anda pun bisa berangsur-angsur turun.

Baca Juga:  Cegah Premanisme, Polres Sukabumi gelar Ops Bina Kusuma Lodaya

4. Menyehatkan Tulang – Mengkonsumsi buah pisang secara rutin dapat membantu menyehatkan tulang. Pisang adalah salah satu buah yang mengandung mangan cukup tinggi.

5. Untuk Merawat Kulit – Pisang yang dicampur madu berkhasiat atasi kulit yang terlalu kering. Ini juga baik untuk merawat kulit orang yang lanjut usia, yang cenderung semakin kering. Selain itu, pisang baik untuk mengatasi jerawat. Caranya: hancurkan daging buah pisang matang, kemudian oleskan pada kulit wajah yang berjerawat. Diamkan selama 15-30 menit, lalu bersihkan. Lakukan secara rutin hingga jerawat hilang.

Penulis: Muhammad Amaludin