Kurangi Resiko Depresi, Inilah Kenapa Peminum Kopi Bisa Bahagia

JABARNEWS | BANDUNG – Bukan hal asing lang jika mendengar istilah kopi, bisa dibilang kopi sering menjadi teman wajib bagi anak muda maupun orang dewasa di setiap waktu dimanapun tempatnya.

Awal mula keberadaanya, kopi dikenal sebagai bahan obat-obatan dan penahan rasa ngantuk. di kutip dari laman solongcoffee.weebly.com, tepatnya dari negara Ethiopia, pada abad ke-9, seorang pemuda bernama Kaldi tidak sengaja memakan biji mentah yang didapat dari semak belukar.

Setelah memakan biji tersebut dari tanaman kopi diduga berasal dari benua Afrika itu, singkat sejarahnya, Kaldi merasakan perubahan yang luar biasa. Lalu dia menceritakan hal tersebut kepada warga sekitarnya dan menyebar hingga ke berbagai daerah.

Untuk saat ini, di Indonesia sendiri kopi banyk digandrungi oleh msyarakat, dimulai dari pembibitan petani sampai konsuumsi pasar kopi. Bukan hanya rasanya yang nikmat ternyata olahan kopi juga bisa memberi kebahagiaan bagi peminumnya.

Selain itu, Jika banyak orang khawatir meminum kopi karena mitos-mitos mengerikan yang terlanjur beredar di pasaran, sebaiknya simak berikut ini efek kopi yang membuat hari-hari lebih menakjubkan dari biasanya. Tak percaya? Silakan baca penjelesan ilansir dari ottencoffee.co.id manfaat bagi peminum kopi di bawh ini.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Aries, Taurus Dan Gemini: Situasi Hari Ini Mungkin Cenderung Serius

Resiko Lebih Rendah Terhadap Depresi

Meskipun depresi sepertinya tidak ada hubungannya dengan kafein, tapi menurut peneliti ternyata suasana hati yang didapat setelah meminum kopi memberi efek bahagia bagi peminumnya.

Menurut Studi di Universitas Harvard, minum beberapa cangkir kopi perhari bisa mengurangi resiko bunuh diri pada pria dan wanita sekitar 50%. Itu kenapa mampu mengurangi depresi sekitar 10%

Memiliki Otak Lebih Sehat

Penelitian membuktikan bahwa peminum kopi memiliki resiko terkena Alzheimer dan Parkinson lebih sedikit dari mereka yang tidak meminum kopi. Meskipun tidak ada obat untuk dua penyakit ini, tapi ternyata dengan meminum kopi resiko terkena penyakit ini bisa dikurangi.

Aktif Secara Fisik

Saat kafein masuk ke tubuh kamu dan mengaliri darahmu, secara otomatis dia bertindak seperti ‘bahan bakar’. Hal ini juga meningkatkan adrenalin di dalam tubuh secara signifikan dan tentunya juga meningkatkan kinerja fisik kamu. Disarankan meminum kopi sebelum melakukan kegiatan aktif seperti olahraga atau pekerjaan yang memerlukan kekuatan fisik maksimal.

Baca Juga:  Lima Objek Wisata Jatigede Masih Terhambat Akses

Peminum Kopi (Biasanya Lebih Perprestasi)

Kopi identik dengan mereka yang memiliki prestasi tinggi. Peminum kopi tahu tujuan hidup mereka dimulai dari bangun tidur. Jika orang lain memulai hari dengan malas-malasan, peminum kopi bergegas dengan merencanakan harinya dimulai dengan menyeduh kopi. Mereka terstruktur dan terorganisir dengan baik. Yang tentunya menunjang prestasi mereka.

Peminum Kopi Seringnya Lebih Cerdas

The caffeine in coffee blocks the adenosine in the brain, which is an inhibitory transmitter. Hal tersebut menyebabkan peminum kopi memiliki tingkat energi lebih tinggi. Otak para peminum kopi berfungsi pada tingkat yang jauh lebih tinggi daripada mereka yang bukan peminum kopi. Kopi meningkatkan time reaction, daya ingat dan fungsi kognitif.

Peminum Kopi (Biasanya Lebih Perprestasi)

Kopi identik dengan mereka yang memiliki prestasi tinggi. Peminum kopi tahu tujuan hidup mereka dimulai dari bangun tidur. Jika orang lain memulai hari dengan malas-malasan, peminum kopi bergegas dengan merencanakan harinya dimulai dengan menyeduh kopi. Mereka terstruktur dan terorganisir dengan baik. Yang tentunya menunjang prestasi mereka.

Baca Juga:  Awas! Jangan Remehkan Komorbid, Segera Periksakan Jika Ada Keluhan Penyakit Bawaan

Peminum Kopi Memiliki Penghasilan Lebih Tinggi

Pada sebuah penelitian yang dilakukan pada para pekerja di Inggris, ditemukan bahwa peminum kopi memiliki penghasilan lebih besar 2000 poundsterling dari para pekerja peminum teh. Peminum teh cenderung bekerja lebih lambat dari para peminum kopi.

Biasanya Lebih Panjang Umur

Menurut studi dan berdasarkan manfaat kesehatan yang melekat pada minum kopi, orang-orang yang minum kopi memiliki jangka hidup yang lebih lama, karena mereka kurang rentan terhadap kematian dini. Kematian dini yang sering terjangkit pada manusia seringnya disebabkan oleh penyakit jantung, kolestrol dan tekanan darah.

Tidak Rentan Terhadap Obesitas

Kenapa? Karena di dalam kebanyakan suplemen pembakar lemak terdapat kafein. Menurut penelitian, kafein adalah zat pembakar lemak yang meningkatkan metabolisme tubuh kamu sekitar 3-11% dan juga meningkatkan pembakaran lemak sekitar 10-29%.

Nah, oleh karena itu, wajar bila hampir sebagian masyarakat dunia suka mengonsumsi kopi. untuk diketahui , jenis-jenis kopi sangatlah beragam, salah satu jenis kopi seperti kopi luwak dari negara Indonesia, menjadi jenis kopi yang kualitasnya sudah diakui dunia. (Red)