Penting Jaga Saraf, Inilah Cara Mudah Deteksi Kurang Vitamin B12

JABARNEWS | BANDUNG – Sangat penting untuk kesehatan saraf, Vitamin B12 yang dikenal sebagai cobalamin, berperan juga untuk menjaga kesehatan sel-sel darah.

Seseorang yang kekurangan asupan vitamin B12 akan menunjukkan sejumlah gejala dan salah satunya terlihat dari mata. Mata yang sedikit menguning, lalu kelopak dan mata yang kejang bisa menjadi tanda dia mengalami defisiensi vitamin B12.

Baca Juga:  Kematian Anggota Polisi Timbulkan Kejanggalan, Polres Tasikmalaya Lakukan Autopsi

Oleh karena itu, segeralah berkonsultasi ke dokter bisa mengalami masalah pada mata seperti yang telah disebutkan.

Vitamin B12 memainkan peran penting dalam produksi DNA dan RNA, dua molekul yang sangat penting dalam pengkodean, decoding, regulasi, dan ekspresi gen. Selain itu, sama seperti vitamin B lainnya, B12 berperan dalam konversi karbohidrat menjadi energi.

Baca Juga:  Bey Machmudin Optimistis Mampu Turunkan Prevalensi Stunting

Pada wanita hamil, kadar vitamin B12 yang rendah bisa meningkatkan risiko bayi mereka bermasalah dalam saraf. Bagi orang pada umumnya, bisa berisiko terkena diabetes tipe 2 dan masalah kesehatan lainnya.

Kekurangan vitamin B12 sebenarnya bisa mudah diatasi dengan pengobatan dan suplementasi vitamin B12 intravena.

Baca Juga:  Universitas Prasetiya Mulya Dorong Kembangkan UMKM dan Wisata Di Wanayasa

Namun, sebelum terburu-buru memilih obat, Anda bisa mendapatkannya melalui makanan. Daging, salah satu sumber yang baik. Bagi para vegan, yogurt, susu rendah lemak, keju, telur, sereal yang diperkaya bisa menjadi pilihan, demikian seperti dilansir Medical Daily. (Ara)