Ginjal Tinggal Satu, Ini Pilihan Olahraga Ala Vidi Aldiano

JABARNEWS | BANDUNG – Olah raga memang salah satu cara terbaik untuk menjaga kondisi tubuh tetap sehat dan bugar. Meski demikian, sebagian orang tidak bisa sembarang untuk melakukan olah raga, seperti penyanyi Vidi Aldiano yang pernah melakukan operasi ginjal harus memilah olah raga mana yang tepat untuk dirinya.

Meski salah satu ginjal Vidi Aldiano telah diangkat, namuntak menyusutkan dirinya untk berolahraga, lantas sejumlah penggemarnya pun banyak mempertanyakan olah raga apa yang kerap ia jalani.

Baca Juga:  Waduh, 91 Juta Data Pengguna Tokopedia Diduga Bocor

Melalui laman Instagram Story pribadinya, Vidi memberikan penjelasan perihal olahraga yang dijalaninya setiap hari. Vidi mengatakan olahraga tetap diperbolehkan asalkan tidak terlalu berat.

“Gue tuh sebenernya olahraga enggak berat-berat banget menurut gue, memang sekarang enggak bisa yang terlalu angkat-angkat beban yang kayak menghasilkan kreatinin banyak dan merobek otot, itu enggak boleh,” kata Vidi dikutip Jumat (21/08/2020)

Selama ini Vidi hanya melakukan olahraga bersepeda dan jogging. Dia mengaku cukup sadar dengan batasan yang boleh dilakukan dan tidak.

Baca Juga:  Perkuat Aspek Pelayanan, DPRD Jabar Soroti Dinkes dan Enam RSUD Ini

“Enggak boleh banyak olahraga dan kayak olahraga yang impact kayak boxing gitu. Nanti kalau perut ditinju terus, wow ginjal udah tinggal sebelah kanan ketinju, ketabok, kasihan dong. Itu gak boleh jadi gue cuma memperhatikan aja, lebih dengerin tubuh aja kalau udah capek ya udah stop,” ujar pelantun “Bertahan Lewati Senja” itu.

Dalam sehari Vidi minimal harus meminum 3 liter air putih. Dia juga mengganti protein hewani dengan protein nabati untuk meringankan kerja ginjalnya.

Baca Juga:  2020, 30 IAIN Berubah Status Jadi UIN

“Gue harus mengontrol kreatinin level di dalam tubuh gue yang membuat berat kerja ginjal gue, nah itu diproduksi oleh protein hewan makanya gue sekarang ganti ke protein tumbuhan,” kata Vidi.

Vidi divonis menderita kanker ginjal stadium 3 pada akhir tahun 2019. Dia lalu menjalani operasi dan salah satu ginjalnya terpaksa diangkat. (Red)