Beberapa Manfaat Daun Kelor, Hingga Dapat Mengobati Kanker

JABARNEWS | BANDUNG – Daun kelor dengan nama lain Moringa oleifera merupakan tanaman tropis yang sejak lama telah dimanfaatkan sebagai pengobatan tradisional. Tanaman ini dapat dikenali dari bentuk daunnya yang berukuran kecil. Pohon kelor juga mudah tumbuh dan bisa hidup di tanah yang tidak terlalu subur.

Daun kelor dapat diolah menjadi jamu, teh herbal, hingga suplemen. tidak sedikit pula orang yang menggunakan daun kelor sebagai bahan masakan. Dalam pengobatan tradisional, daun kelor dipercaya berkhasiat untuk mengobati diabetes, nyeri sendi, infeksi bakteri, hingga kanker.

Baca Juga:  Tak Rasakan Efek Samping, Lansia Ajak Warga Ikut Vaksinasi Covid-19

Dilansir dari beberapa sumber daun kelor memiliki banyak manfaat bagi kesehatan diantaranya:

1. Menurunkan kadar gula darah – Sebuah penelitian menemukan bahwa daun kelor terlihat dapat menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan efektivitas kerja hormon insulin. Manfaat ini baik untuk mencegah diabetes dan terjadinya resistensi insulin.

2. Mengatasi peradangan – Peradangan merupakan respons alami tubuh terhadap infeksi atau cedera. Namun, Anda bisa mengkonsumsi daun kelor untuk meredakan peradangan yang dialami. Ekstrak daun kelor dipercaya mengandung zat yang dapat mengurangi peradangan.

Baca Juga:  Sejumlah Tokoh Muda Nasional Adakan Pertemuan Tertutup di Bogor

3. Menghambat pertumbuhan sel kanker – Ekstrak daun dan kulit batang pohon kelor terbukti efektif menghambat pertumbuhan sel kanker, seperti kanker payudara, pankreas, dan usus besar. Manfaat daun kelor tersebut diduga berkat kandungan antioksidannya yang dapat mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.

4. Berpotensi mengatasi infeksi bakteri – Ekstrak daun kelor, juga dipercaya dapat membantu meredakan infeksi yang terjadi akibat bakteri. Pasalnya, tanaman ini mengandung bahan yang bersifat antimikroba, sehingga mampu memusnahkan bakteri, terutama bakteri berjenis gram positif.

Baca Juga:  Korupsi DPRD Purwakarta: Sprindik 45 Anggota Dewan Keluar Setelah Putusan Sidang

5. Mencegah anemia – Kandungan zat besi yang cukup tinggi di dalam daun kelor membuatnya dipercaya dapat membantu mencegah anemia. Meski begitu, penelitian lebih jauh masih perlu dilakukan untuk memastikan manfaat daun kelor ini.

Penulis: Muhammad Amaludin