Ini Khasiat Bawang Merah, Salah Satunya Menjaga Kesehatan Jantung

JABARNEWS | BANDUNG – Bawang merah merupakan salah satu penyedap rasa masakan. Namun ternyata, bumbu dapur ini juga bermanfaat untuk tubuh, khususnya kesehatan. Bawang ini juga dibudidayakan hampir di seluruh dunia dengan berbagai varietas.

Bawang merah memiliki jenis yang bermacam-macam, namun memiliki kandungan manfaat yang hampir sama. Bagi masyarakat tradisional, bawang merah juga biasanya digunakan untuk mengobati anaknya yang masuk angin.

Dari hasil penelitian terungkap juga bahwa thiosulfinate, senyawa yang efektif membunuh banyak bakteri umum, termasuk Salmonella typhi, Pseudomonas Aeruginosa, dan Escherichia coli.

Baca Juga:  Nah Loh.. Berikut Ini Deretan Zodiak Yang Doyan Bohong Hingga Paling Jujur

Dilansir dari beberapa sumber, berikut manfaat bawang merah bagi kesehatan:

1. Meningkatkan kepadatan tulang – Manfaat bawang merah lainnya juga berdampak pada kesehatan tulang. Sebuah penelitian yang dilakukan pada 24 wanita yang mengalami postmenopause menunjukkan, kepadatan tulang meningkat saat rutin mengkonsumsi bawang merah.

2. Menjaga Kesehatan Jantung – Manfaat bawang merah mentah bagi kesehatan yang pertama ialah membantu menyehatkan jantung. Bawang merah mampu mengontrol tekanan darah tinggi, serta membuka arteri yang tersumbat.

Baca Juga:  Aturan Baru Pembuatan SIM, Listyo Sigit Prabowo Bilang Begini

Hal ini mencegah terjadinya risiko serangan jantung koroner, stroke dan gagal ginjal. Terutama kandungan quercetin dari bawang merah, akan memberi efek penting bagi tubuh, termasuk menurunkan tekanan darah tinggi.

3. Mengobati Maag – Dikutip dari buku ‘Bawang Merah’ karya Estu Rahayu dan Nur Berlian V A mengkonsumsi bawang merah bisa menjadi obat maag alami. Bawang merah cukup dibersihkan dan dimakan mentah. Selain itu, bisa campurkan dengan makanan lain seperti kecap untuk menghindari bau yang menyengat.

Baca Juga:  Jabar Bergerak Melepas Sembilan Truk Berisi Bantuan Wastafel Portabel

4. Mengatasi Masuk Angin – Selain pernapasan, bawang merah juga bisa menjadi obat masuk angin. Cukup potong umbi bawang merah dan campur dengan sedikit minyak kelapa. Kemudian, gosok-gosokkan campuran ke area punggung hingga kulit berwarna kemerahan.

5. Meningkatkan Kesehatan Otak – Bawang merah mengandung folat yang bisa meningkatkan kesehatan otak. Selain itu, kandungan lain pada bawang, seperti zat besi dan pyrithione juga bermanfaat bagi fungsi otak dan meningkatkan aktivitas neurologis.

Penulis: Muhammad Amaludin