Selain Bisa Atasi Migrain, Berikut Manfaat Singkong

JABARNEWS | BANDUNG – Ketela pohon, ubi kayu, atau singkong (Manihot esculenta) adalah perdu tahunan tropika dan subtropika dari suku Euphorbiaceae. Umbinya dikenal luas sebagai makanan pokok penghasil karbohidrat dan daunnya sebagai sayuran.

Singkong memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi buktinya singkong salah satu makan pengganti nasi, bahkan di beberapa negara singkong menjadi makanan pokok sebagai pengganti nasi.

Tumbuhan yang termasuk dalam umbi-umbian ini mengandung 76 gram karbohidrat dan 320 kalori dalam 200 gramnya. Kandungan tersebut merupakan sumber energi yang baik bagi tubuh dan meningkatkan stamina. Karbohidrat pada singkong akan dipecah menjadi glukosa sebagai sumber energi untuk sel tubuh manusia.

Baca Juga:  Generasi Baru

Selain itu, singkong memiliki vitamin B tinggi yang bertugas meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Singkong juga memiliki senyawa asam amino esensial dan serat yang baik bagi kesehatan.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut manfaat singkong bagi kesehatan:

1. Memiliki kandungan antioksidan yang baik – Manfaat singkong lainnya bisa didapat dari kandungan vitamin C, vitamin A, dan beta-karoten di dalamnya. Vitamin C dan vitamin A merupakan antioksidan yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari efek radikal bebas, mencegah penyakit jantung, hingga mengatasi kerutan di kulit.

Baca Juga:  Diduga Depresi, Siswi SMP Nekat Bunuh Diri Terjun ke Sungai Pekancilan

2. Menambah energi – Singkong mengandung kalori yang cukup tinggi. Dalam 100 gram singkong, terkandung 110-150 kalori. Jumlah kalori ini lebih tinggi daripada kalori pada umbi jenis lain, seperti kentang dan ubi. Oleh karena itu, Anda bisa mendapatkan energi ekstra untuk menjalani aktivitas sehari-hari jika mengkonsumsi singkong.

Baca Juga:  Begini Cara Alami Mengecilkan Pori-pori Wajah

3. Menyembuhkan Migrain – Singkong mengandung vitamin B2 dan riboflavin, yang bermanfaat untuk menyembuhkan sakit kepala dan migrain

4. Mencegah Kanker – Singkong dipercaya dapat mencegah penyakit kronis seperti kanker. Kandungan B17 dalam singkong dapat membantu menstimulasi sel darah merah.

5. Baik untuk Mata – Singkong kaya akan vitamin A dan senyawa seperti beta karoten. Kandungan tersebut mampu meningkatkan kesehatan mata dan mencegah kebutaan atau penglihatan yang rabun.

Penulis: Muhammad Amaludin