• Selasa, 28 September 2021

Wajib Diketahui! Berikut Makanan Dan Oleh-oleh Khas Purwakarta

- Selasa, 9 Februari 2021 | 13:07 WIB
Ilustrasi (Foto: javatravel.net)
Ilustrasi (Foto: javatravel.net)

JABARNEWS | BANDUNG - Purwakarta merupakan salah satu kota yang ada di Jawa barat, tidak kalah dengan kota atau kabupaten besar lainya Purwakarta juga memiliki ciri khas dan makanan yang cukup terkenal di Indonesia.

Dari keindahan alam sudah jelas Purwakarta juga memiliki beberapa tempat destinasi wisata yang banyak menarik pengunjung lokal maupun luar negeri, terlebih di Purwakarta terkenal dengan produk keramiknya yang sangat mendunia.

Bahkan bukan hanya dari kerajinan saja, dari sisi kuliner Purwakarta juga memiliki beberapa menu andalan atau oleh-oleh khas dari kabupaten satu ini, Dilansir dari banyak sumber berikut beberapa makanan dan oleh-oleh asli Purwakarta. DIantaranya:

Pertama. Sate Maranggi - Makanan satu ini cukup terkenal di semua kalangan, terutama bagi pecinta kuliner. Sate maranggi merupakan salah satu makanan khas Purwakarta, Biasanya para pengunjung datang ke Purwakarta hanya untuk singgah sejenak untuk sekedar menikmati makanan satu ini.

Kedua. Soto Sadang - Siapa yang tidak kenal dengan makanan yang bernama soto ini, makanan tersebut banyak kalian temui dimanapun. Tetapi di Purwakarta kalian bisa menemukan soto Khas dari kabupaten ini yang bernama Soto Sadang.

Ketiga. Es Ciming - Hidangan bertajuk Es Cimin ini merupakan salah satu kudapan yang cukup melegenda di Purwakarta. Selain itu, Kesegaran dari es ini mampu melegakan dahaga di siang hari yang terik dan suasana panas. Bagi para wisatawan yang datang di siang hari, tentu tak boleh melewatkan kenikmatannya.

Kalian akan disuguhi hidangan es yang mampu menggoyang lidah dengan isian variatif. Beberapa bahan yang dipakai seperti cincau hitam, kacang hijau, jeli, cendol, dan kelapa. Dan tidak lupa menambahkan serutan es yang melimpah ditutup dengan sirup berwarna merah serta diselemuti oleh susu kental manis.

Keempat. Peuyeum Bendul - Peuyeum atau tape merupakan salah satu oleh-oleh atau kudapan yang kita sering temui, terutama di Kota bandung, akan tetapi di Kabupaten Purwakarta kalian juga bisa menemukan peuyeum tersebut yang merupakan khas dari salah satu daerah yang ada di Purwakarta yang bernama Bendul.

Kelima. Simping - Makanan khas satu ini biasanya dipakai sebagai oleh-oleh untuk kerabat di rumah. Kalian tidak akan pernah merasa bosan dengan camilan satu ini karena memiliki tekstur tipis dan renyah.

Pilihan rasanya pun bervariasi yang terdiri dari nangka, pandan, stroberi, coklat, durian, jahe, cabe, dan kencur. Selain tersedia dalam beberapa pilihan rasa, jajanan satu ini juga diproduksi dalam beberapa warna yaitu putih, hijau, kuning, dan merah muda.

Penulis: Muhammad Amaludin

Editor: Muhammad Amaludin

Tags

Terkini

Ternyata, Ini Efek Negatif Kurang Tidur Bagi Kulit Wajah

Selasa, 28 September 2021 | 19:20 WIB

Yuk Simak Cara Memasang Lantai Vinyl Agar Hasilnya Rapih

Selasa, 28 September 2021 | 18:13 WIB

Ternak Burung Yang Menguntungkan, Kenali Jenisnya

Selasa, 28 September 2021 | 17:59 WIB

Cara Mengusir Kaki Seribu Di Rumah, Simak Tipsnya!

Selasa, 28 September 2021 | 14:53 WIB

Tiga Cara Servis Motor Empat Tak Sendiri Di Rumah

Senin, 27 September 2021 | 21:37 WIB
X