Inilah Lima Tempat Wisata Panjat Tebing Yang Paling Populer Di Jawa Barat

JABARNEWS | BANDUNG – Rock climbing atau panjat tebing merupakan olahraga ekstrim yang biasa dilakukan di alam terbuka seperti tebing pegunungan ataupun bukit bebatuan yang bisa digunakan sebagai tempat olahraga ekstrim tersebut.

Bagi kalian yang suka olahraga panjat tebing, di Jawa Barat sendiri ada beberapa tempat yang bisa kalian kunjungi. Terkenal dengan potensi alamnya yang menakjubkan, Jawa Barat juga memiliki segudang spot panjat tebing yang siap menguji adrenalin.

Oleh sebab itu, dilansir dari banyak sumber kami berhasil merangkum beberapa spot panjat tebing yang bisa kalian temukan di Jawa Barat. Diantaranya:

Pertama. Gunung Parang – Berlokasi di Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat, Gunung Parang merupakan salah satu tempat wisata alam yang bisa kalian datangi sebagai tempat panjat tebing.

Baca Juga:  Restoran Berpenghasilan Di Atas Rp 10 Juta Dipajak

Berbeda dengan beberapa spot panjat tebing lainnya, di gunung parang ini menggunakan besi yang sudah tertancap di batu yang berfungsi sebagai tangga pijakan untuk naik ke atas gunung tersebut.

Kedua. Tebing Citatah – Sebagai salah satu Spot Panjat tebing yang begitu terkenal di Jawa Barat. Tebing Citatah bisa menjadi salah satu tempat yang bisa kalian kunjungi ketika berada di Bandung.

Tebing Citatah ini memiliki tiga tebing yang bisa kalian panjat. Selain itu, penamaannya disesuaikan dengan tinggi jalur yang dilewati untuk pendakian. 

Baca Juga:  Migrasi ke Digital, Pemerintah Akan Matikan TV Analog di Seluruh Indonesia

Ketiga. Tebing Ciampea – Berlokasi di Desa Ciampea,  Kota Bogor, Jawa Barat.Tebing Ciampea ini merupakan salah satu spot panjat tebing yang harus kalian kunjungi.  Apalagi bagi pemanjat pemula tempat ini tentunya cocok untuk dijadikan tempat latihan.

Disana, terdapat sekitar lima jalur pendakian yang bisa kamu pilih untuk aktivitas panjat tebing di Tebing Ciampea. Ketinggian Tebing Ciampea juga bervariasi yaitu hanya sekitar 30-50 meter saja.

Keempat. Tebing Bongkok – Selain Gunung Parang, spot panjat tebing di Purwakarta yang bisa kamu coba adalah Tebing Bongkok. Buat kalian yang ingin menguji adrenalin dengan panjat tebing di Tebing Bongkok.

Baca Juga:  Kadisdukcapil Cirebon, Optimis Rekam KTP-el Tercapai

Kalian bisa datang ke Desa Sukamulya, Kabupaten Purwakarta. Tebing Bongkok ini memiliki ketinggian mencapai 40 meter dengan lebar dinding 27 meter dan 25 meter.

Kelima. Gunung Rungking – Memiliki ketinggian 650 mdpl, Tebing Rungking ink memiliki kontur tebing dengan kemiringan lebih dari 45 derajat. Tidak hanya spot panjat tebing yang menantang, disana kalian juga bisa melihat lanskap alam yang sangat indah dari Tebing Rungking.

Selain itu, kalian juga bisa melakukan aktivitas perkemahan atau camping di lembah Gunung Rungking tersebut, yang memiliki suasana yang masih hijau dan asri. (Mal)