Tiga Keistimewaan Bale Indung Rahayu Purwakarta, Cocok Untuk Wisata Edukasi

JABARNEWS | BANDUNG – Purwakarta merupakan salah satu kabupaten yang terkenal dengan wisata budayanya, berbagai tempat budaya khas sunda bisa kalian kunjungi sebagai tempat wisata edukasi ketika di Purwakarta.

Bale Indung Rahayu Purwakarta, merupakan salah satu tempat wisata edukasi dan sejarah yang bisa kalian kunjungi. Disana kalian akan melihat kehidupan dan perjalanan hidup manusia di alam sunda ditampilkan secara apik melalui seni relief, lukisan, pahat, dan bangunan.

Bukan hanya itu saja, Bahkan kehidupan anak dalam kandungan ibu,  perjalanan bagaimana anak itu tumbuh besar, permainan yang dilakukan, pola hidup manusia, makanan, rumah hingga kematian, diceritakan di tempat ini.

Baca Juga:  Pemkab Purwakarta Targetkan Menjadi Kota Layak Anak

Sungguh menarik bukan destinasi wisata Bale Indung Rahayu Purwakarta ini. Selain itu, tempat ini juga memiliki beberapa keistimewaan lain. Diantaranya:

Pertama. Bale Kelahiran – Disini, terdapat sebuah lorong yang dibuat panjang dan semakin menyempit untuk menggambarkan suasana bayi dalam rahim ibu. Semakin lama didalam kandungan ibu, maka  semakin besar, dan semakin sempit rahim seorang ibu.

Selain itu, di lorong ini juga terdapat display istilah adat istiadat soal proses melahirkan bayi ditempel di dinding-dinding ruangan. Istilah yang tercantum di antaranya kanjut kundang, mempet baju, paraji, ngaruju-nyawa ngan kari sajuru deui, ngaruang, dan lain-lain.

Baca Juga:  Dedi Mulyadi Lebih Pikirkan Golkar Daripada Pilgub Jawa Barat

Kedua. Bale Kaulinan – Ketika  mulai memasuki Bale Kaulinan, kalian akan di perlihatkan berbagai macan permainan  khas sunda jaman dulu. Seperti permainan congklak, oray-orayan, ngadu muncang, huhuian, egrang dan sebagainya.

Selain itu, disana juga kalian akan diperlihatkan lukisan hutan di tatar sunda yang mengelilingi wilayah Bale Kaulinan. Serta, kalian juga akan di beritahu berbagai filosofi dari lukisan dan beberapa permainan tersebut.

Baca Juga:  Angka Partisipasi Pemilih Jabar Meningkat

Ketiga. Bale Arsitektur – Saat memasuki Bale Arsitektur, kalian akan diperlihatkan peta kampung sunda. Ditambah lagi dengan rumah-rumah adat Sunda zaman dahulu seperti Bada Heuay, Jolopong, Tagog Anjing, Julang Ngapak, dan sebagainya.

Pada dasarnya rumah khas sunda memiliki tiga susunan, yang diantaranya yaitu ruang depan (tepas), ruang tengah dan ruang belakang (dapur dan goah/padaringan/tempat penyimpanan padi). (Mal)