Liburan Sambil Mengenal Sejarah Dari Tempat Wisata Situ Cangkuang Garut

JABARNEWS | BANDUNG – Garut terkenal karena memiliki banyak destinasi seperti pantai dan pegunungan, selain itu ternyata Kota Dodol ini juga memiliki tempat wisata sejarah yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya yakni Situ Cangkuang.

Situ Cangkuang merupakan destinasi wisata danau bersejarah yang dapat anda temukan ketika berada di Garut, disana kalian akan disuguhkan pemandangan dari danau yang begitu cantik dan mempesona.

Menurut sejarah, destinasi wisata ini adalah salah satu saksi dari penyebaran agama islam yang ada di Garut. Selain itu ada seorang tokoh yang berperan penting dalam penyebaran agama islam tersebut yakni Embah Dalem Arief Muhammad.

Baca Juga:  Ini Manfaat Buah Aprikot Bagi Kesehatan, Diantaranya Cegah Anemia

Embah Dalem Arief Muhammad sendiri merupakan seorang panglima perang dari kerajaan Mataram, dahulu ia ditugaskan oleh Raja Sultan agung untuk menyerang penjajah yang ada di Batavia. Akan tetapi sayangnya, pasukan yang dipimpin beliau harus kalah.

Baca Juga:  Operasi Ketupat Lodaya 2019 Dilaksanakan Selama 13 Hari

Lalu beliau merasa khawatir akan mendapat hukuman apabila harus kembali ke Mataram, akhirnya beliau memutuskan untuk bersembunyi di Cangkung. Pada waktu itu masyarakat sekitar Cangkuang masih banyak menganut agama Hindu, atau animisme serta dinamisme.

Berkat usaha dari Embah Dalem Arief Muhammad secara sedikit-demi sedikit akhirnya masyarakat sekitar yang beragama Hindu mau menerima Islam. Sementara Kampung Pulo sendiri hanya dihuni oleh keturunan asli Embah Dalem Arif Muhammad.

Baca Juga:  Mantan Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi Bawa Obor Asian Games 2018

Sungguh menarik bukan kisah yang ada di tempat wisata Situ atau danau Cangkuang ini? bagi yang tertarik mengunjungi wisata Situ Cangkuang kalian harus datang ke Leuwigoong, Karanganyar, Cangkuang, Leles, Cangkuang, Leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Sesampainya disana, kalian mesti membayar biaya tiket masuk sebesar Rp 5000/orang. Dengan begitu kalian bisa langsung mengeksplor tempat wisata Situ Cangkuang dengan berbagai cara yang seru, seperti menggunakan perahu. (Mal)