• Selasa, 19 Oktober 2021

Beberapa Tempat Wisata Yang Ada Di Petilasan Prabu Siliwangi Majalengka

- Rabu, 14 April 2021 | 16:46 WIB
 Tempat Wisata Yang Ada Di Petilasan Prabu Siliwangi Majalengka (Foto: itrip.id)
Tempat Wisata Yang Ada Di Petilasan Prabu Siliwangi Majalengka (Foto: itrip.id)

JABARNEWS | BANDUNG - Bagi wisatawan yang suka datang ke tempat religi dan ingin menikmati sejarah yang ada di Indonesia, ada salah satu tempat wisata yang menyediakan keinginan kalian untuk berwisata ke tempat religi dan kental akan sejarahnya yaitu wisata petilasan Prabu Siliwangi Majalengka.

Petilasan Prabu Siliwangi yang ada di kaki gunung Ciremai Majalengka ini ternyata banyak memiliki potensi wisata yang bisa kalian kunjungi ketika sedang berada di tempat tersebut.

Sekilas tentang kisah Prabu Siliwangi merupakan seorang raja yang memiliki kepemimpinan yang terbesar, yang pernah memimpin kerajaan Pajajaran. Selain itu, Raja satu ini juga digadang-gadang sebagai salah satu orang sakti yang ada di tanah pajajaran pada masa itu.

Lantas apa hubungannya dengan tempat ini? Di tempat ini terdapat makom dari berkilau, serta sekitar makom tersebut terdapat tempat wisata yang bisa dikunjungi ketika sedang berada di Petilasan Prabu Siliwangi Majalengka. Diantaranya:

Pertama. Telaga Emas - Telaga Emas ini juga disebut sebagai pancuran bidadari. Disebut demikian karena masyarakat sunda percaya bahwa Telaga Emas ini adalah tempat mandinya para bidadari yang turun dari langit. Di Kawasan Telaga Emas ini Anda akan mencium bau kental dari bunga dan kemenyan yang disajikan di dekatnya.

Jika ingin mandi di Telaga Emas ini, kalian harus meminta izin kepada juru kunci yang menjaga tempat Telaga Emas. Karena tempatnya yang begitu keramat tidak boleh sembarangan orang mandi tanpa seizin dari juru kunci.

Kedua. Telaga Pancuran - Sama seperti telaga Emas, untuk mandi di telaga Pacuran ini juga kalian mesti izin terlebih dahulu kepada juru kunci. Hal tersebut karena dianggap begitu keramatnya tempat-tempat ini.

Selain itu, lokasi dari telaga Pancuran ini berlokasi tepat belakang makom Prabu Siliwangi. Hal tersebut menjadi salah satu alasan mengapa tempat ini begitu dikeramatkan oleh warga sekitar.

Ketiga. Situ Beber dan Situ Cipadung - Situ Beber, suasana di Situ Beber membuat para pengunjung yang datang ke sana tidak sabar untuk menceburkan diri ke dalam air. Karena airnya yang sangat jernih dan segar membuat pengunjung ingin berlama-lama di dalam air. Di Situ Beber selain Anda bisa berenang, Anda juga bisa bermain dengan ikan-ikan yang dipelihara disana.

Situ Cipadung, Di Situ Cipadung terdapat Sumur Kejayaan dan Petilasan Buyut Arjuna yang lokasinya tidak terlalu jauh dari Situ Cipadung. Di Sumur Kejayaan yang dipercaya air dalam sumur tidak akan pernah habis walau musim kemarau sekalipun. (Mal)

Editor: Muhammad Amaludin

Tags

Terkini

X