Tradisi Bulan Puasa Di Tiga Negara Ini Sama Dengan Indonesia

JABARNEWS | BANDUNG – Bulan Ramadhan merupakan rajanya dan hanya ada sekali dalam setahun ini disebut sebagai salah satu bulan yang paling di tunggu oleh seluruh umat muslim yang ada di Dunia.

Semua negara pasti muslim pastinya memiliki banyak ragam tradisi khas dan beragam dalam menyambut kedatangan Bulan Puasa. Uniknya, tradisi-tradisi tersebut muncul pula di Indonesia. Kebiasaan dan tradisi tersebut menarik untuk ditelusuri. Entah faktor apa yang menyebabkan kesamaan tradisi tersebut bisa muncul.

Oleh sebab itu berikut dilansir dari banyak sumber kami berhasil merangkum beberapa tradisi dan kebiasaan yang biasa dilakukan di Indonesia dan ada di Negara Lain Saat Bulan Ramadhan atau Puasa. Diantaranya yakni.

Baca Juga:  Pasien Sembuh Covid-19 di Secapa AD Tercatat Sudah 472 Pasien

Pertama. Membersihkan Rumah Menjelang Bulan Puasa (Maroko) – Tradisi bersih-bersih rumah dalam rangka menyambut bulan Ramadhan dilakukan juga di Maroko. Sebelum berpuasa, masyarakat Maroko melakukan persiapan penyambutan Ramadhan dengan melakukan bersih-bersih rumah termasuk membersihkan peralatan dapur dan furniture lainnya.

Selain itu, bagian-bagian rumah diperbaiki, dindingnya dicat ulang agar terlihat segar dan baru. Lalu, setelahnya akan berkumpul dan berpesta bersama memeriahkan datangnya bulan puasa. Hal tersebut sama dengan yang di Indonesia biasa lakukan.

Baca Juga:  Muspika Naringgul Cianjur Janji Bantu Perawatan Kakek Wajon

Kedua. Patrol Sahur (Mesir) – Patrol sahur adalah salah satu tradisi yang seru di bulan puasa. Itu pula yang membuat malam-malam bulan puasa terasa berbeda. Setiap negara selalu ada acara untuk membangunkan orang sahur. Mesir dan Indonesia mempunyai kesamaan cara. Dua negara ini mempunyai tradisi patrol sahur.

Ketiga. Buka Bersama Teman dan Keluarga (Bangladesh) – Di Bangladesh, salah satu cara untuk menyambut bulan baik itu adalah dengan saling mengunjungi sanak famili dan bersantap bersama. Pada saat buka puasa bersama masyarakat Bangladesh akan menyantap camilan manis khas yang disebut dengan jilapi.

Baca Juga:  Pastikan Para Pemain Liga Indonesia Aman Covid-19, Ini Kata Kemenpora

Di beberapa tempat di Indonesia pun ada yang melanggengkan tradisi serupa. Di masyarakat Sunda, misalnya. Keluarga yang pergi merantau dan keluarga yang berada jauh lainnya biasa berkumpul untuk buka bersama di hari pertama puasa. (Mal)