Tips Menjaga Kesehatan dan Kebugaran Selama Bulan Puasa Ala Kreator TikTok

JABARNEWS | BANDUNG – Saat menjalani bulan puasa yang harus menahan lapar dan haus, banyak yang akhirnya mengurungkan niat untuk berolahraga karena takut merasa lebih lelah. Ada juga yang selama menjalankan ibadah puasa, tubuh terasa lemas dan tidak bertenaga.

TikTok, platform distribusi video singkat, memberikan wadah bagi sejumlah kreator yang merupakan profesional di bidang olahraga dan juga kesehatan untuk berbagi tips seputar kebugaran tubuh di bulan Ramadhan. Apa saja sih? Kita simak yuk tipsnya!

1. Pilih waktu olahraga yang tepat

Baca Juga:  Giat Bintahwil kepada Badega Lembur Desa Cisaat

Kreator Sally Tanudjaja (@sallytanudjaja) yang juga seorang ahli gizi menyarankan untuk memilih waktu olahraga yang bisa menghindari kita dari dehidrasi cairan. Oleh karena itulah, malam hari setelah buka puasa, adalah waktu yang sangat disarankan untuk berolahraga.

Kalaupun ingin berolahraga sebelum jam buka puasa, sebaiknya di sore hari dan memilih olahraga berintensitas rendah. Tapi yang terpenting, jangan lupa asupan cairan juga harus terpenuhi dengan mengkonsumsi air mineral minimal 2 liter sehari.

2. Gerakan yang mudah dilakukan di rumah

Baca Juga:  Peringkat KIP Jabar Menurun Wagub Menilai Perlu Adanya Evaluasi Lebih Lanjut

Olahraga di saat bulan puasa tidak perlu yang terlalu berat, cukup dengan yang intensitas ringan hingga menengah, sudah cukup bagus untuk menjaga kebugaran tubuh.

Kreator Gilang Seiya (@gilangseiya) yang seorang instruktur olahraga memperlihatkan gerakan olahraga yang bisa dilakukan selama bulan puasa, dan ternyata cukup mudah lho!

3. Mengatur asupan makanan

Menu makanan saat buka dan sahur juga mempengaruhi tingkat kebugaran kita selama puasa. Kreator Riani Yoga (@rianayoga) yang seorang pelatih yoga membagikan beberapa tips mengenai asupan gizi yang harus ada di setiap sahur dan buka puasa.

Baca Juga:  Warga Sukamaju Cileungsir Kabupaten Ciamis Geruduk Gedung DPRD, Desak Jalan Segera Diperbaiki

Ternyata mengonsumsi karbohidrat saat sahur tetap perlu untuk memberikan tenaga, dan memperkaya protein saat buka juga dapat membangkitkan kembali energi tubuh.

TikTok Indonesia juga ingin mengajak pengguna lainnya untuk berbagi tips ataupun ide lainnya tentang kesehatan. Untuk membagikan konten kesehatan atau pun melihat video tentang tips olahraga lainnya, bisa kunjungi tagar TikTok Sehat yang saat ini sudah mencapai lebih dari 230 juta views. (Red)