Lima Jenis Ketupat Di Indonesia Sebagai Sajian Lebaran

JABARNEWS | BANDUNG – Saat Lebaran, ketupat biasanya selalu menjadi salah satu sajian utama. Apalagi, ketupat sendiri sungguh lezat jika dipadukan dengan menu hidangan lain seperti opor ayam dan semur daging sapi.

Ketupat atau biasa disebut kupat merupakan sebuah makanan yang dibuat dari beras. dimana beras tersebut dimasukan kedalam cetakan wadah dari daun kelapa dan dikukus hingga matang.

Awalnya, ketupat diperkenalkan oleh Sunan Kalijaga saat menyebarkan Islam di Pulau Jawa. Namun selain di Indonesia, ketupat juga bisa ditemukan di Malaysia, Singapura dan sebagainya.

Baca Juga:  DPRD Purwakarta Desak PJT II Bayar Hutang Sebesar Rp18 M

Di antara beberapa kalangan di Jawa, ketupat sering digantung di atas pintu masuk rumah sebagai semacam jimat.

Oleh Sebab itu, berikut beberapa jenis kupat yang ada di Indonesia. diantanya yakni:

Pertama. Ketupat Bareh – Ketupat Bareh merupakan ketupat khas Minang, Sumatera Barat dan juga terdapat di pesisir barat Sumatera Utara terutama di daerah Sibolga. Ketupat Bareh terbuat dari beras putih dan direbus dengan santan yang membuat rasanya gurih.

Baca Juga:  Rutin Operasi KKYD, Polsek Pusakanagara Sita 47 Liter Miras

Kedua. Ketupat Pulut – Ketupat Sipulut merupakan ketupat yang banyak ditemui di Sumatera Barat. Ketupat ini biasa dimakan bersama tapai ketan hitam atau rendang. Isi ketupat Sipulut agak lunak karena bagian luarnya dilumuri santan yang mengental.

Ketiga. Ketupat Katan Kapau – Nama ketupat ini berasal dari Katan yang berarti ketan dan Kapau yang artinya dari daerah Kapau, Sumatera Barat.

Baca Juga:  Sebanyak 104 RW di Kota Bogor Jadi Zona Merah Covid-19

Keempat. Ketupat Palas atau Ketupat Pulut – Ketupat Palas atau Pulut dibungkus menggunakan daun palas (palem) dan terbuat dari ketan. Ketupat ini berasal dari Medan.

Kelima. Ketupat Blegong dan Bongko – Ketupat Blengong dan Bongko juga khas dari Tegal. Ini adalah kupat Glabed dengan daging Blengong. Blengong sendiri adalah keturunan hasil perkawinan Bebek dan Angsa. Sedangkan Ketupat Bongko adalah Ketupat dengan sayur tempe yang sudah diasamkan. (Red)